Puluhan Pendekar di Polewali Mandar Bertarung di Halaman Makodim 1402/Polmas

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 18:47 WIB
Kompetisi pencak silat di Makodim 1402/Polmas, Polman, Sulbar
Kompetisi pencak silat di Makodim 1402/Polmas, Polman, Sulbar (Foto: dok. Istimewa)
Polewali Mandar -

Puluhan pendekar silat dari berbagai perguruan terlibat pertarungan di halaman Makodim 1402/Polmas, Kelurahan Madatte, Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar). Pertarungan mengundang perhatian warga.

Pertarungan tersebut bukan aksi ribut-ribut antarpendekar karena selisih paham. Mereka sengaja diberi kesempatan unjuk kebolehan untuk mengangkat budaya setempat dan menjalin komunikasi secara kreatif.

"Yang pertama, kegiatan ini dalam rangka program komando atas Bapak KSAD, Bapak Pangdam, dan Bapak Danrem yang ingin mengangkat nilai budaya dalam hal ini pencak silat. Ini diprogramkan TNI Angkatan Darat untuk melaksanakan kegiatan komunikasi sosial kreatif, maksudnya adalah, pertama, tentunya membina perguruan-perguruan, organisasi pencak silat di Polman khususnya, karena ini pagelaran untuk menjalin silaturahmi," ungkap Dandim 1402/Polmas Letnan Kolonel Arhanud Hari Purnomo saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (23/07/20).

Para pendekar silat, baik pria maupun wanita, tua maupun muda, beradu kemampuan. Ada juga yang menggunakan senjata jenis pedang dan tongkat.

Hari berharap kegiatan ini tak hanya menjaga tali silaturahmi di antara sesama pendekar silat, tetapi juga antara prajurit TNI dan seluruh komponen masyarakat. Dia pun berharap pencak silat khas Polman dikenal masyarakat luas dan dijaga sebagai warisan budaya.

"Harapan ke depan, setelah kegiatan ini, terjalin koordinasi, komunikasi yang baik, silaturahmi, mereka saling kenal. Kita ekspos ke luar, agar masyarakat mengetahui di Polman masih ada nilai budaya warisan nenek moyang yang betul-betul masih dijaga," ungkap Hari.

Tonton video 'Seribu Pendekar Gelar Silat On The Sea di Banyuwangi':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2