BMKG: Hujan Lebat Berpotensi Landa Jabar-Kalsel 3 Hari ke Depan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 18:11 WIB
Pedestrian di kawasan Sudirman selau dipadati para pejalan kaki meski giguyur hujan. Begini penampakannya.
Ilustrasi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi dalam tiga hari ke depan sejumlah wilayah Indonesia berpotensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir. Potensi itu terjadi Jawa Barat hingga Kalimantan Selatan.

BMKG menjelaskan potensi itu disebabkan daerah sirkulasi siklonik terpantau di Laut China Selatan sebelah utara Kalimantan yang membentuk pola konvergensi yang memanjang di pesisir utara Kalimantan. Kondisi ini menyebabkan potensi peningkatan pembentukan awan hujan di sekitar daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir itu akan melanda beberapa wilayah pada hari ini hingga 25 Juli 2020.

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang/puting beliung pada hari ini adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Kondisi ini masih berlangsung untuk wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tenggara, Papua Barat, Papua pada 24 Juli 2020.

Pada 25 Juli 2020, hujan lebat berpotensi mengguyur wilayah Aceh, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kep Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, hujan lebat disertai angin kencang/puting beliung dan kilat/petir berpotensi terjadi pada hari ini di wilayah Jawa Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua Barat.

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Kep Riau, Kep Bangka Belitung, Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara hingga esok harinya, 24 Juli 2020.

Pada 25 Juli 2020, wilayah Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

BMKG pun mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang. Selain itu, warga juga diminta mempersiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

(mae/imk)