Speedboat Tenggelam di Papua, 4 Penumpang Hilang dan 1 Tewas

Wilpret Siagian - detikNews
Kamis, 23 Jul 2020 14:33 WIB
ilustrasi tenggelam
Foto ilustrasi tenggelam. (Thinkstock)
Jayapura -

Speedboat yang sedang dalam pelayaran dari Serui, Kabupaten Yapen, menuju Kampung Gesa Distrik Benuki, Mamberamo Raya, Papua, tenggelam setelah diterjang ombak. Sebanyak lima dari 11 penumpang hilang, satu di antaranya sudah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

"Satu jenazah Kristian Dabanum sudah ditemukan, sementara 4 korban lainnya masih dalam pencarian," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthifa Kamal di Jayapura, Kamis (23/7/2020).

Korban ditemukan oleh tim gabungan TNI-Polri dan Basarnas yang dibantu masyarakat. Kamal menerangkan kecelakaan ini terjadi pada Rabu (22/7) siang sekitar pukul 14.00 WIT. Dalam perjalanannya, speedboat yang membawa 11 penumpang itu tenggelam di perairan antara Kampung Kaipuri dan Muara Kali Barapasi, Serui.

"Saat berada di tengah laut antara Kampung Kaipuri dan Muara Kali Barapasi angin kencang dan gelombang sehingga air masuk ke dalam speedboat, mengakibatkan speedboat terbalik dan tenggelam," jelas Kamal.

Dalam kecelakaan laut itu, 6 orang selamat. Keempat penumpang yang hilang dan masih dalam pencarian antara lain Baldus Sodat dan Yakob Bosararisi. Sementara dua penumpang lainnya belum diketahui identitasnya.

Tim melanjutkan pencarian terhadap korban speedboat sejak pagi tadi. Pencarian menggunakan perahu Ketinting dan berhasil menemukan satu penumpang yang tewas di muara sungai Kampung Sorabi.

"Korban di evakuasi ke Kampung Powai, sementara pencarian korban lainnya masih terus berlangsung," ujarnya.

Kamal menambahkan korban yang belum ditemukan sampai saat ini berjumlah 4 orang. Tim gabungan masih terus melakukan pencarian.

"Kami meminta kepada masyarakat yang melakukan aktivitas di laut agar memperhatikan cuaca karena dalam beberapa waktu belakangan ini cuaca di perairan Mamberamo Raya sangat ekstrem di mana terjadi angin kencang atau gelombang yang cukup tinggi," tambahnya.

Berikut ini identitas korban selamat:

1. Lambert Fonataba
2. Karel Fonataba
3. Riana Naudetom
4. Geis kayoi
5. Saul Karubaba
6. Muayai

(idn/idn)