Survei Capres Charta Politika: Prabowo 17,5%, Ganjar 15,9%, Anies 15%

Elza Astari Retaduari - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 15:57 WIB
Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto melakukan prosesi potong tumpeng dalam perayaan HUT ke-12 Gerindra. Prabowo memberikan potongan tumpeng kepada Anies-Sandi.
Foto: Prabowo Subianto. (Grandyos Zafna/detikcom).
Jakarta -

Lembaga survei Charta Politika Indonesia juga menggelar survei elektabilitas kandidat calon presiden 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto berada di peringkat pertama disusul dengan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei dilakukan melalui wawancara telepon dengan metode simple random sampling kepada 2.000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia pada 6-12 Juli 2020. Margin of error (toleransi kesalahan) survei 2,19% pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Hasil survei dirilis oleh Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya dalam diskusi daring bertema 'Trend 3 Bulan Kondisi Politik, Ekonomi, dan Hukum pada Masa Pandemi COVID-19', Rabu (22/7/2020). Salah satu yang disurvei adalah soal elektabilitas kandidat capres untuk Pilpres 2024.

Responden disodorkan 11 nama tokoh kandidat capres. Pertanyaannya adalah sebagai berikut: Seandainya Pemilihan Presiden dilaksanakan hari ini, siapakah yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih dari nama-nama di bawah ini?

Hasilnya adalah sebagai berikut:

Prabowo Subianto: 17,5%
Ganjar Pranowo: 15,9%
Anies Baswedan: 15%
Sandiaga Uno: 11,2%
Ridwan Kamil: 10,1%
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): 4%
Tri Rismaharini: 2,1%
Erick Thohir: 2,1%
Khofifah Indar Parawansa: 1,7%
Mahfud Md: 1,3%
Gatot Nurmantyo: 1%
Tidak Jawab/Tidak Tahu: 18,2%

Charta Politika juga menampilkan tren elektabilitas capres. Menhan Prabowo Subianto mengalami penurunan selama 3 bulan terakhir, sementara itu Ganjar Pranowo yang merupakan Gubernur Jawa Tengah itu terus naik elektabilitasnya.

"Ada tren Pak Prabowo meski nomor 1 tetap menurun. Kenaikan paling tajam ada di Mas Ganjar dengan kenaikan pelan. Selisihnya sudah di atas margin of error," kata Yunarto.

Kemudian Anies Baswedan mengalami tren naik dan turun. Di bulan Juni Gubernur DKI Jakarta tersebut sempat turun, tapi naik lagi di bulan Juli 2020.

Berikut tren elektabilitas 3 kandidat capres teratas selama 3 bulan terakhir:

Prabowo Subianto
Mei: 22%
Juni: 20%
Juli: 17,5%

Ganjar Pranowo
Mei: 13,3%
Juni: 14,8%
Juli: 15,9%

Anies Baswedan
Mei: 18,3%
Juni: 16,8%
Juli: 15%

Yunarto menganalisis mengapa Ganjar Pranowo dan kepala daerah memiliki kecenderungan naik elektabilitasnya. Ini lantaran mereka sering tampil selama masa pandemi virus Corona (COVID-19).

"Akan ada pergeseran pemilih yang menurut saya baik. Ada kecenderungan publik akan makin meritocratic dalam pilkada, terutama dalam Pilpres publik akan lebih melihat sosok yang punya track record karena ujiannya sekarang konkrit, bisa kerja atau enggak. Nama-nama capres 2024 yang hanya bersender pada darah biru kah atau ketua umum partai kah memiliki ujiannya tersendiri di 2024," terang Yunarto.

Berbeda dengan Ganjar dan Ridwan Kamil, tren elektabilitas Anies Baswedan mengalami penurunan. Yunarto menyebut Anies tak lagi diuntungkan secara momentum.

"Dari sisi momentum ada tren yang berbeda. Ada yang berbeda momentum dari Anies dengan Ganjar dan Ridwan Kamil. Anies Baswedan sebelum munculnya pandemi sudah mendapatkan momentum besar sebagai simbol dari barisan 'yang berseberangan dengan pemerintah', dianggap berseberangan dengan kubu Jokowi," urainya.

"Sementara Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil belum pernah punya momentum sebesar itu. Momentum pandemi ini membuat grafik Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil meningkat. Sementara untuk Ridwan Kamil malah harus muncul dalam momen baru, yang tadinya sebatas simbol dialog lawan Jokowi, sekarang juga diuji sebagai kelapa daerah apakah berhasil untuk menyelesaikan pandemi atau tidak," tambah Yunarto.

Sebelumnya diberitakan, lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei elektabilitas capres, Selasa (21/7). Posisi pertama diraih oleh Ganjar, kemudian disusul oleh Prabowo dan Anies.

Survei soal capres pilihan dilakukan dengan menyodorkan 15 nama kepada responden. Survei dilakukan menggunakan wawancara melalui telepon kepada 1.200 responden pada 13-16 Juli dengan metode simple random sampling. Margin or error pada survei ini kurang-lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Hasilnya sebagai berikut:

- Ganjar Pranowo 16,2%
- Anies Baswedan 15%
- Prabowo Subianto 13,5%

Tonton video 'Survei Indikator: Ganjar dan Anies Moncer di Penanganan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(elz/imk)