RUU Ciptaker, Fraksi PKS DPR Tolak Pembahasan Saat Reses

Zunita Putri - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 15:30 WIB
DPR RI mengelar rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT DPR Ke-70 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (28/8/2015). Ketua DPR Setya Novanto berharap momen ini jadi pijakan menuju parlemen yang demokratis. Lamhot Aritonang/detikfoto
Foto: Gedung DPR (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta -

RUU Ciptaker menuai polemik di kalangan buruh hingga sempat berujung demonstrasi. Fraksi PKS DPR RI menolak RUU Ciptaker dibahas di masa reses.

"PKS minta tidak diadakan rapat RUU Ciptaker saat reses ini. Karena kami semua mempunyai banyak tugas untuk pembinaan dapil di tengah Pandemi Covid-19 ini," kata Wakil Ketua Fraksi PKS yang juga anggota Baleg, Mulyanto, saat dikonfirmasi, Rabu (22/7/2020).

Untuk diketahui, Panja Badan Legislasi DPR menggelar rapat RUU Ciptaker. Undangan rapat RUU Ciptaker ini membahas DIM RUU Ciptaker BAB III, pasal 17.

Mulyanto mengatakan, anggota Baleg dari Fraksi PKS tidak ada yang menghadiri rapat hari ini. PKS juga sudah bersurat ke pimpinan Baleg terkait saran agar RUU Ciptaker tak dibahas di masa reses. Namun, kata Mulyanto, Baleg tetap membahas rapat ini.

"Surat permintaan, agar tidak ada sidang Panja Ciptaker di masa reses sudah kami layangkan. Tetapi, karena pimpinan Baleg tetap mengadakan rapat, kami tidak bisa hadir," katanya.

Mulyanto meminta Baleg tidak mengebut pembahasan RUU Ciptaker. Sebab, kata dia, perlu ketelitian membahas RUU ini.

"Kami minta jangan pembahasan RUU yang mengubah hampir 80 UU dikejar-tayang selama 2 kali masa sidang. Ini terlalu kejar setoran kesannya. Apalagi pada saat COVID seperti ini," ucapnya.

(zap/gbr)