Jelang Haji, Bagian Bawah Kain Kiswah Kakbah Mulai Diangkat

Puti Yasmin - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 14:10 WIB
Kiswah merupakan kain yang menutupi Kakbah di Mekah. Kain penutup Kakbah itu pun diganti setiap tahunnya. Yuk, lihat proses pembuatan kiswah.
Foto: Umit Bektas/Reuters
Jakarta -

Memasuki Bulan Dzulhijjah 1441 Hijriyah, Pemerintah Arab Saudi mulai mengangkat bagian bawah kain kiswah yang berfungsi untuk menutup Kakbah di Mekkah. Diangkatnya bagian bawah kain Kiswah ini sekaligus sebagai penyambutan terhadap jamaah Haji 2020 yang tahun ini dilakukan dengan terbatas dan menerapkan protokol COVID-19.

Dikutip dari Al Arabiya, kain kiswah diangkat pada menit-menit awal bulan Dzulhijjah di hari Rabu (22/7). Pengangkatan ini melibatkan lebih dari 50 orang dari kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kakbah didampingi oleh presiden umum urusan dua masjid suci Dr Abdul Raman Al Sudais.

Kakbah (Fajar Pratama/detikcom)Ilustrasi Kain Kiswah Kakbah (Fajar Pratama/detikcom) Foto: Kakbah (Fajar Pratama/detikcom)

Kain Kiswah sendiri berbahan dasar sutera dengan sulaman emas dan perak. Kain sutera ini memiliki berat sekitar 670 kilogram dan 120 kilogram benang emas serta 100 kilogram benang perak. Sulaman pada kain tersebut membentuk ayat-ayat suci Al Quran.

Sementara itu, pihak berwenang menetapkan beberapa protokol kesehatan COVID-19 selama pelaksanaan ibadah haji dengan mengurangi jumlah kuota jamaah hanya menjadi 10.000 orang. Padahal, sebelumnya jamaah haji bisa mencapai 2 juta orang.

Selain itu, para jamaah haji juga diwajibkan menjaga jarak satu sama lain, menggunakan masker, membawa sajadah sendiri. Pemerintah juga menyediakan kendaraan yang sama untuk mengantar jamaah ke situs-situs haji lainnya. Bagian bawah Kain Kiswah telah diangkat. Selamat beribadah di tanah suci para tamu Allah SWT.

(pay/erd)