Kementerian PPA-Kemenag Raih Penghargaan KPAI

Yulida Medistiara - detikNews
Rabu, 22 Jul 2020 13:58 WIB
Ketua KPAI dalam acara Anugerah KPAI 2020
Ketua KPAI Susanto (Foto: dok. screenshot video KPAI)
Jakarta -

KPAI memberikan anugerah 2020 terhadap kementerian lembaga dan pemerintah daerah yang dianggap memiliki kepedulian dan inovasi terhadap penyelenggaraan perlindungan anak. KPAI berharap anugerah ini bisa dijadikan motivasi untuk memberikan perlindungan anak yang lebih baik.

"Salah satu upaya kami adalah memberikan penghargaan kepada instansi, organisasi profesi, individu yang memiliki kepedulian dan inovasi terhadap penyelenggaraan perlindungan anak, ini merupakan langkah yamg kami tempuh agar ke depan kualitas perlindungan anak semakin baik," kata Ketua KPAI, Susanto, dalam acara yang disiarkan secara virtual, Rabu (22/7/2020).

"Tentu motivasi para penyelenggara perlindungan anak sebagaimana diamanatkan di Pasal 20 UU 35/2014 negara, pemerintah, pemerintah daerah, masyarakat, keluarga dalam melaksanakan perlidungan anak semakin hari juga makin baik. Mudah-mudahan apa yang kami lakukan dan bapak ibu lakukan dan inovasi-inovasi yang dilakukan kementerian lembaga provinsi dan kabupaten kota semakin hari memberikan kebangkitan penyelenggaraan anak Indonesia," ungkap Susanto.

Susanto mengatakan anugerah KPAI diberikan kepada 11 kategori, yaitu Kementerian/Lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP (Sitem Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Anak)⁣, Pemerintah Daerah Provinsi yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP (Sitem Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Anak)⁣, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP (Sitem Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Anak)⁣, Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) terbaik dalam Perlindungan Anak⁣, Pemerintah Daerah yang memiliki komitmen mendukung eksistensi KPAD⁣, Organisasi Profesi Kesehatan Peduli Anak⁣, Institusi Penegak Hukum Peduli Anak⁣, Profesi Pendidik Peduli Anak⁣, dan Tokoh Inspiratif Anak Peduli Terhadap Kondisi COVID-19⁣.

Susanto mengatakan di era revolusi industri 4.0 ini, KPAI dalam menjalankan tugasnya berupaya agar bisa terhubung dengan kemajuan era digital, dan menuntut tata kelola pemerintahan yang transparan, cepat, adaptif dengan teknologi informasi. Oleh karena itu, KPAI memberikan penghargaannya berdasarkan sistem SIMEP (Sitem Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Anak).

"Makanya kami memberikan penghargaan kepada kementerian/lembaga dan pemda berdasarkan hasil e-SIMEP (Sistem Informasi Monitoring dan Pelaporan Berbasis Digital). Alhamdulilah partisipasi dari seluruh kementerian dan pemerintah daerah luar biasa sehingga kami apresiasi kepada pemerintah dan gubernur, walikota, bupati, mengisi SIMEP kita sehingga capaian perkembangan perlindungan anak kita telah terpotret dengan baik," ujarnya.

Sementara itu Menteri PPA I Gusti Ayu Bintang Darmavati menyampaikan terimakasih atas penghargaan dari KPAI, selain itu dia juga mengapresiasi aparat penegak hukum dan kementerian lembaga lainnya yang membantu dalam penegakan hukum untuk memproses kasus kekerasan terhadap anak. Bintang berharap agar semua pihak semakin meningkatkan komitmen perlindungan terhadap anak Indonesia.

"Kami menyampaikan apresiasi kepada teman-teman kementerian/lembaga dan aparat penegak hukum, Pak Kapolda membantu memproteksi membantu kami dalam hal penegakan dari sisi hukum terhadap korban kekerasan. Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada KPAI yang telah menginisiasi anugerah 2020 ini, mudah-mudahan menjadi motivasi bagi kita semua untuk lebih berkomitmen memberikan perlindungan terhadap anak-anak Indonesia," kata Bintang.

Berikut ini daftar pemenang Anugerah KPAI 2020:

Kategori Kementerian/Lembaga yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP
1. Kementerian Agama
2. Kementerian Kesehatan
3. Kementerian Sosial

Kategori penghargaan khusus, atas komitmen dan inovasinya dalam perumusan koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan perlindungan anak
1. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI (Kementerian PPA)

Kategori Pemerintah Provinsi yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP (Sistem Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Anak)⁣
2. Provinsi Sumatera Utara
3. Provinsi Kalimantan Selatan
4. Provinsi D.I Yogyakarta
5. Provinsi Sumbatera Barat
6. Provinsi Aceh

Kategori Pemerintah Kabupaten/kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan berbasis SIMEP (Sistem Monitoring dan Evaluasi Perlindungan Anak)⁣
1. Kabupaten Agam
2. Kota Mataram
3. Kota Bukittinggi
4. Kota Surabaya
5. Kota Yogyakarta
6. Kota Sleman
7. Kota Semarang
8. Kota Jakarta Barat
9. Kota Malang
10. Kabupaten Gianyar

Kategori Organisasi Profesi Kesehatan Peduli Anak⁣
1. IDAI
2. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)

Kategori Institusi Penegak Hukum Peduli Anak
1. Polda Metro Jaya
2. Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Kategori Profesi Pendidik Peduli Anak⁣
1. Maruntung Sihombing (Papua)
2. Baderiani (Sinjai)

Kategori Tokoh Inspiratif Anak Peduli Terhadap Kondisi COVID-19⁣
1. Jasmin Saman Ahmad (Video Pecahkan Celengan untuk APD)
2. Bulqia (Anak disabilitas video kampanye pencegahan COVID-19)

Kategori Forum Anak yang Memiliki Dedikasi Tinggi dan Kepedulian Pada Situasi COVID-19
1. Forum Anak Daerah Provinsi Bali
2. Forum Anak Daerah Kota Bandung

Kategori Komisi Perlindungan Anak Daerah (KPAD) terbaik dalam Perlindungan Anak⁣
1. KPAD Kalimantan Barat
2. KPAD Kabupaten Lingga
3. KPAD Tasikmalaya

(yld/hri)