Menkominfo: Jangan Main Hoax di Pilkada!

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 23:05 WIB
Menkominfo Johhny G Plate
Johhny G Plate (Adi Fida Rahman/detikinet)
Jakarta -

Menkominfo Johnny G Plate mengingatkan semua pihak untuk menghindari hoax dalam Pilkada Serentak 2020. Kominfo siap menjaga ruang digital tetap bersih dari hoax selama pesta demokrasi daerah nanti.

"Untuk isu-isu hoax maka untuk menjaga kualitas demokrasi memang tugas rutin Kominfo untuk menjaga ruang digitalnya bersih, proses politik berkualitas," kata Johnny di Kampus Akademi Bela Negara Partai NasDem, Jalan Pancoran Timur II, Pancoran, Jakarta Selatan, Selasa (21/7/2020).

Johnny mengimbau semua pihak agar menghindari penyebaran hoax. Menurutnya, post-truth dalam politik tidak akan meningkatkan kualitas pilkada.

"Maka kami mengimbau hindari hoax pilkada dan disinformasi pilkada. Jangan gunakan politik post-truth karena itu tidak membantu meningkatkan kualitas pilkada dan tidak menghasilkan pemimpin-pemimpin yang diharapkan masyarakat," ujar Sekjen Partai NasDem itu.

Johnny menyebut siap menggandeng aparat penegak hukum kaitannya dengan penindakan penyebaran hoax dalam Pilkada 2020.

"Kominfo juga berkomunikasi dengan penegak hukum Bareskrim Polri bagi pihak yang nanti memproduksi, menyebarkan hoax pilkada, maka Bareskrim melakukan penegakan hukum," ujar Johnny.

(maa/maa)