KLHK Tangkap 3 Pelaku Illegal Logging di Kawasan Suaka Margasatwa Sumsel

Raja Adil Siregar - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 20:42 WIB
Kayu gelam yang diamankan Balai Gakkum KLHK Sumatera
Kayu gelam yang diamankan Balai Gakkum KLHK Sumatera. (Dok. Balai Gakkum KLHK Sumatera)
Palembang -

Tim Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) wilayah Sumatera bersama jajaran Polda Sumsel, BKSDA dan Dinas Kehutanan Sumatera Selatan menangkap tiga pengangkut kayu ilegal. Kayu-kayu itu hasil penebangan liar di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Padang Sugihan, Sumatera Selatan.

Penangkapan pengangkut kayu ilegal ini tindak lanjut laporan aktivitas ilegal di lokasi restorasi gambut di SM Padang Sugihan. Di mana akibat penebangan liar itu menyebabkan kerusakan bangunan penimbunan kanal karena aktivitas ilegal pengangkutan kayu gelam.

"Tim verifikasi menemukan kerusakan penimbunan kanal di tiga jalur. Tim juga mendapati aktivitas penebangan kayu di SM Padang Sugihan, tapi penebang ilegal berhasil melarikan diri," kata Kepala Balai Gakkum Wilayah Sumatera Eduward Hutapea, Selasa (21/7/2020).

Selanjutnya pada Senin, (7/20) Balai Gakkum KLHK Sumatera menurunkan tim operasi pengamanan hutan. Di lokasi, tim menyita perahu motor berisi kayu gelam dan tiga pelaku.

"Ketiga pelaku, yaitu NA (54) pemilik kapal. Untuk pemilik kayu adalah RD (19) dan RN (28). Ketiganya ditangkap saat mengangkut kayu tebangan ilegal saat masih di dalam kawasan SM Padang Sugihan," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2