Round-Up

Saat 'Babi' Terseret Geger Musang Jumbo Bang Melet

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Selasa, 21 Jul 2020 08:40 WIB
Musang jumbo yang semula dikira babi, terekam CCTV. (Tangkapan layar CCTV Ahmad Dwinanto)
Musang jumbo yang semula dikira babi, terekam CCTV. (Tangkapan layar CCTV Ahmad Dwinanto)
Jakarta -

Teka-teki penampakan babi hitam yang terekam kamera CCTV 'berjalan-jalan' di Jalan Tarumanegara 4, Sukmajaya, Kota Depok, terungkap. Hewan misterius itu ternyata musang jumbo.

Kisah ini berawal saat sejumlah pemuda berteriak 'babi... babi...' hingga membangunkan warga lainnya pada Jumat (17/7/2020) sekitar pukul 01.45 WIB dini hari.

"Pas jalan tiba-tiba ada anak dua orang di depan sana, Jalan Tarumanegara 6, jalan dari arah sana (teriak) 'babi... babi...'," kata Ketua RT 04 RW 15 Tarumanegara, Sukmajaya, Depok, Mirza Harahap, saat ditemui di lokasi, Jumat (17/7).

Mirza lalu menanyakan ada apa gerangan. "(Kata saya) 'yang benar? Jangan ribut-ribut, udah malem', (lalu dijawab warga) 'ada, gede, Pak,'" ujar dia.

Babi itu sempat dikejar warga. Namun babi tersebut tidak tertangkap warga. Babi itu 'menghilang' di ujung jalan. "Lari ke kanan terus lurus ke kiri," tuturnya.

Penampakan babi ini terekam kamera di rumah warga bernama Ahmad. Setelah kejadian itu, Ahmad membuka rekaman CCTV dan ternyata benar ada penampakan babi di gang depan rumahnya.

"Kalau dari gambar sih ada babi ya, karena kan gelap tuh, kalau bentuk fisik babi," kata Ahmad.

Video itu pun tersebar viral di media sosial. Dalam video itu, tampak seekor babi berjalan-jalan di gang.

Matanya tampak bersinar. Namun kemudian babi itu balik arah dan tampak dua pemuda mengejarnya.

Usut punya usut, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Dinas Pemadam Kebakaran dan Keselamatan (Damkar) Kota Depok Denny Romulo mengklarifikasi bahwa seekor hewan yang terekam itu adalah musang jumbo.

Menurut dia, jika itu seekor babi, matanya tidak bersinar saat malam hari.

"Kita sudah crosscheck ke beberapa orang dan lurah di sana mirip musang terkait pemberitaan babi berkeliaran. Musang punya kemampuan mata seperti kucing," kata Denny dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Senin (20/7).

Menurut Denny, musang ini berukuran jumbo atau besar. Denny menuturkan pemilik musang jumbo telah pindah ke Yogyakarta, tiga tahun yang lalu. Dia menyebut pemiliknya dikenal sebagai Bang Melet.

"Punya Bang Melet, orang sudah 3 tahun yang lalu pindah ke Jogja warga RT 2 RW 11. Pernah terlihat di Cakalele, musangnya walau gendut tapi lincah," tuturnya.

Tonton video 'Penampakan 'Babi' yang Gegerkan Warga Tarumanegara Depok':

(aan/idn)