Mulai Hari Ini, Ambon Terapkan PSBB Transisi Selama 2 Pekan

Muslimin Abbas - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 14:02 WIB
Kota Ambon terapkan PSBB Transisi (Foto: Muslimin Abbas/detikcom)
Foto: Kota Ambon terapkan PSBB Transisi (Foto: Muslimin Abbas/detikcom)
Ambon -

Mulai hari ini, Kota Ambon menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. PSBB transisi akan berlangsung selama dua pekan.

"Sesuai dengan Peraturan Wali Kota Ambon Nomor 20 Tahun 2020 yang baru saja ditetapkan saja hari ini, maka untuk wilayah Kota Ambon kita terapkan PSBB transisi setelah PSBB 2 tahapan kita lakukan selama 4 minggu," kata Kadis Komunikasi Informasi dan Persendian Joy Adriaansz di Balai Wali Kota Ambon, Senin (20/7/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kota Ambon itu menjelaskan selama masa PSBB transisi, aktivitas perekonomian seperti mall dan plaza tetap buka dengan pembatasan waktu operasional hingga pukul 18.00 WIT.

"Kita berharap di PSBB transisi ini aktivitas perekonomian itu mulai kita buka secara bertahap namun pembatasan pergerakan orang tetap dilakukan karena itu mall di buka tapi tetap dibatasi operasionalnya sampai jam 6 sore sementara itu kita lakukan," ujarnya.

Sementara, aktivitas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti salon, gym dan barber shop ditutup sementara. Hal itu dilakukan untuk mencegah adanya klaster baru dari kegiatan tersebut.

"Sementara untuk aktivitas-aktivitas lain yang bersentuhan dengan masyarakat untuk itu sementara kita tutup di antaranya salon, barbershop, gym sementara kita tutup dan usaha-usaha sejenisnya yang prinsipnya bersentuhan langsung dengan masyarakat kita menjaga jangan sampai terdapat klaster-klaster baru lagi yang muncul dari kegiatan atau aktifitas seperti itu," tutur Joy.

PSBB transisi ini akan berakhir pada 2 Agustus 2020 mendatang. Hal itu sesuai kesepakatan antara Pemkot Ambon dengan Gugus Tugas Percepatan Penangan COVID-19 Maluku.

"Sesuai dengan rapat terakhir kami dengan gugus tugas Provinsi Maluku kita sepakati untuk pelaksanaannya selama 2 minggu kedepan. Jadi PSBB transisi di lakukan mulai 20 Juli sampai dengan 2 Agustus sebelumnya satu hari sebelum kita lakukan evaluasi," katanya.

Tonton video 'Saat Peti Jenazah Corona Direbut Warga dari Ambulans di Ambon':

(mae/mae)