Anji Kritik Foto Jenazah, Ini Prosedur Pemulasaraan Pasien Corona

Danu Damarjati - detikNews
Senin, 20 Jul 2020 13:03 WIB
disebut plagiat anji marah besar
Foto ilustrasi penyanyi Anji (Ismail/detikHOT)
Jakarta -

Penyanyi Anji meragukan kebenaran foto yang menunjukkan jenazah pasien COVID-19 dibungkus plastik di atas ranjang rumah sakit. Sebenarnya, ada prosedur penanganan jenazah pasien COVID-19.

Lewat akun Instagram-nya, Anji mengkritik foto jenazah berbalut plastik yang terbaring di atas kasur ruang rawat. Dia merasa ada kejanggalan dalam foto jenazah COVID-19 itu.

"Foto ini terlihat powerful ya. Jenazah korban cvd (COVID-19 -red). Tapi ada beberapa kejanggalan," kata Anji, mencantumkan karya dari fotografer Joshua Irwandi, Minggu (19/7) kemarin.

Anji menyoroti kemunculan caption foto dengan nada seraga dari akun-akun ber-follower besar yang turut mengunggah foto itu. Anji curiga ada key opinion leader (KOL) yang mengarahkan viralnya opini mengenai hal tersebut.

Anji juga menyoroti soal kemungkinan seorang fotografer masuk mendekat ke jenazah COVID-19. Padahal, keluarga saja tidak boleh mendekat.

View this post on Instagram

• Foto ini terlihat powerful ya. Jenazah korban cvd. Tapi ada beberapa kejanggalan. 1. Tiba-tiba secara berbarengan foto ini diunggah oleh banyak akun-akun ber-follower besar, dengan caption seragam. Sebagai orang yang familiar dengan dunia digital, buat saya ini sangat tertata. Seperti ada KOL (Key Opinion Leader) lalu banyak akun berpengaruh menyebarkannya. Polanya mirip. Anak Agency atau influencer/buzzer pasti mengerti. 2. Dalam kasus kematian (yang katanya) korban cvd, keluarga saja tidak boleh menemui. Ini seorang Fotografer, malah boleh. Kalau kamu merasa ini tidak aneh, artinya mungkin saya yang aneh. Saya percaya cvd itu ada. Tapi saya tidak percaya bahwa cvd semengerikan itu. Yang mengerikan adalah hancurnya hajat hidup masyarakat kecil. EDIT : saya menulis cvd karena malas menulis covid

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on Jul 17, 2020 at 9:52pm PDT

"Kalau kamu merasa ini tidak aneh, artinya mungkin saya yang aneh," kata Anji lewat akun Instagram bercentang birunya, @duniamanji.

Jenazah dalam foto yang diunggah Anji itu terlihat terbalut plastik di seluruh tubuhnya. Sebenarnya, bagaimana prosedur pemulasaraan jenazah COVID-19?

Tonton video 'Pewarta Foto Indonesia Kecam Komentar Anji soal Foto Jenazah COVID-19':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4