Nelayan di Bulukumba Selamat dari Maut Usai Kapalnya Terbalik

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 19 Jul 2020 16:49 WIB
Nelayan di Bulukumba, Sulawesi Selatan, Firdaus selamat usai kapalnya terbalik karena ombak.
Nelayan di Bulukumba, Sulawesi Selatan, Firdaus selamat usai kapalnya terbalik karena ombak. (dok. Istimewa)
Bulukumba -

Kapal yang ditumpangi seorang nelayan di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Firdaus (22), terbalik dihantam ombak. Namun, dia bisa bertahan sampai ditemukan selamat oleh pemancing.

"Kapalnya terbalik dihantam ombak. Terus mesinnya dia buka karena kan berat, biar (kapal) tidak tenggelam," ujar Koordinator Basarnas Bantaeng Arman Amiruddin saat dimintai konfirmasi, Minggu (19/7/2020).

Awalnya, Firdaus melaut seorang diri dari Pelabuhan Leppe'e, Bulukumba, pada Sabtu (18/7) sore, dan dijadwalkan tiba pada pukul 03.00 Wita, dini hari tadi. Namun korban tak kunjung kembali sehingga dilaporkan sebagai orang hilang.

Saat Basarnas Bantaeng hendak berangkat melakukan pencarian, pihaknya menerima laporan bahwa korban ditemukan sekitar pukul 11.00 Wita. Korban selamat usai bertahan di laut dengan cara berpegang pada perahu yang terbalik.

"Dia bertahan di situ, karena kan perahu fiber, dia naik di atas kapalnya setelah mesinnya sudah dia lepas," ucap Arman.

Menurut Arman, korban ditemukan oleh sejumlah pemancing asal Kabupaten Kepulauan Selayar, yang melintas di jalur kapal besar.

"Untuk lokasi ditemukannya itu, kita komunikasi sama nelayan yang temukan, di ditemukan di luar. Jadi dia di jalur ALKI (alur laut kepulauan Indonesia) atau jalur kapal besar, kalau kita hitung 8-9 mil nautical mile," ucap Arman.

Kini korban sudah kembali ke rumahnya. "Jadi korban tadi tiba pada pukul 14.00 Wita di Pantai Pasorongi, Lamaka, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng," pungkas Arman.

Tonton video '4 Hari Hilang, Nelayan 60 Tahun di Kendari Ditemukan Selamat':

(aik/aik)