Polri Sebut Brigjen Prasetijo Komunikasi Langsung dengan Djoko Tjandra

Wilda Hayatin Nufus - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 23:44 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono
Irjen Argo Yuwono (Foto: dok. Divisi Humas Polri)
Jakarta -

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono mengungkapkan bahwa Brigjen Prasetijo Utomo pernah melakukan komunikasi dengan terpidana kasus pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali, Djoko Tjandra. Argo menyebut komunikasi dilakukan secara langsung.

"Ada komunikasi juga. Iya (secara langsung)," kata Argo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Jumat (17/7/2020). Pernyataan Argo ini menjawab pertanyaan apakah Brigjen Prasetijo pernah melakukan komunikasi dengan Djoko Tjandra.

Argo tidak menjelaskan lebih lanjut komunikasi langsung mereka itu menggunakan telepon atau bertatap muka langsung. Dia hanya membenarkan jika Prasetijo berkomunikasi dengan Djoko Tjandra.

Argo juga tidak menjelaskan apa yang mereka bicara. Serta waktu dan tempat komunikasi itu dilakukan.

Argo mengatakan Bigjen Presetijo telah melakukan pelanggaran etik karena menerbitkan surat jalan untuk Djoko Tjandra. Saat ini yang bersangkutan juga telah dicopot dari jabatannya Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri.

"Tentunya memang tadi saya sampaikan bahwa etik yang melakukan itu Propam. Propam akan melihat daripada proses surat baik itu secara administrasi. Jadi ada satu kesalahan di sana yang tidak dilalui dalam surat itu. Jadi kita kenakan etik di sana," katanya.

Buntut dari masalah ini, Prasetijo dicopot dari jabatannya sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri. Kapolri Jenderal Idham Azis menunjuk Kombes Andi Rian untuk menggantikan posisi Prasetijo.

(lir/zap)