RUU BPIP dan RUU HIP, Apa Bedanya?

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 17 Jul 2020 10:27 WIB
Pemerintah sampaikan konsep RUU BPIP yang beda dengan RUU HIP ke DPR
Foto: Pemerintah menyerahkan konsep baru RUU BPIP kepada DPR RI (Rolando/detikcom)
Jakarta -

RUU BPIP mencuat setelah diajukan oleh pemerintah sebagai pengganti RUU Haluan Ideologi Pancasila (RUU HIP) yang ramai menuai penolakan. Kedua RUU itu disebut memiliki sejumlah perbedaan. Apa saja?

Konsep baru RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (RUU BPIP) diberikan pemerintah kepada DPR pada Kamis (16/7/2020), di Gedung Nusantara, kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Hadir saat itu Ketua DPR Puan Maharani dan Menko Polhukam Mahfud Md yang mewakili pemerintah.

"Kami pimpinan DPR baru saja menerima wakil pemerintah atau utusan dari Presiden yang dipimpin Pak Menko Polhukam untuk bisa menyerahkan konsep BPIP, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sebagai masukan kepada DPR untuk membahas dan menampung konsep-konsep yang akan dibahas bersama atau mendapatkan masukan dari masyarakat," kata Puan.

Turut hadir pula Mensesneg Pratikno, Menhan Prabowo Subianto, Mendagri Tito Karnavian, Menkum HAM Yasonna Laoly, dan MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Serta Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar.

Dasco menyebut pemerintah tak menyetujui pembahasan RUU HIP. RUU BPIP yang diserahkan ke DPR adalah untuk menggantikan RUU HIP.

"Pemerintah tidak menyetujui pembahasan RUU HIP yang membahas ideologi Pancasila, sebagai gantinya pemerintah mengusulkan RUU BPIP yang mengatur lembaga yang bertugas untuk mensosialisasikan Pancasila yang sudah final," ujar Dasco.

Berikut perbedaan RUU BPIP dan RUU HIP

Selanjutnya
Halaman
1 2