Grab Luncurkan Program #TerusUsaha buat UMKM Palembang

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 22:09 WIB
Grab
Ilustrasi/Foto: dok Grab
Jakarta -

Grab Indonesia hari ini mengumumkan program #TerusUsaha untuk percepatan transformasi digital ratusan ribu usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Palembang. Program ini akan mencakup 5 (lima) solusi bagi para pelaku UMKM.

Beberapa di antaranya, akselerasi khusus untuk melatih dan meningkatkan keterampilan UMKM, iklan gratis untuk membantu mereka meningkatkan visibilitas secara online sehingga dapat meningkatkan penjualan, serta aplikasi khusus untuk digitalisasi usaha. Grab juga meluncurkan microsite www.grabforgood.id yang dirancang khusus bagi UMKM yang menjadi wadah mencari ilmu dan inspirasi agar mereka dapat mengembangkan bisnisnya.

Head of West Indonesia Grab Indonesia, Richard Aditya, menjelaskan komitmen Grab dalam mendorong bisnis kecil dan tradisional untuk merangkul teknologi agar tidak tertinggal dalam era digital. Menurutnya, pekerja lepas dan UMKM menjadi kunci utama untuk memastikan masyarakat dapat mempertahankan mata pencaharian mereka, terutama dalam periode ekonomi yang kian menantang pada masa mendatang.

"Namun, masa krisis ini juga memperlihatkan bagaimana UMKM dapat menjadi amat rentan. Program #TerusUsaha yang merupakan bagian dari komitmen jangka panjang GrabForGood ini kami hadirkan di Palembang untuk meningkatkan kemampuan, kapasitas, dan jangkauan bagi UMKM serta individu dalam menyambut masa depan ekonomi digital, agar ekonomi kota juga dapat terjaga," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (16/7/2020).

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, diwakili Asisten 1, Pemerintahan dan Kesra, Kota Palembang, Faizal AR, menyambut baik program #TerusUsaha dan juga riset yang diluncurkan Grab di Palembang. Menurutnya Program #TerusUsaha yang diluncurkan di Palembang juga sangat sejalan dengan misi pemerintah dalam memajukan UMKM dengan digitalisasi agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

"Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan yang sudah dilakukan Grab selama ini di Palembang, dan sangat senang dengan inisiatif baru yang berfokus pada UMKM. Hasil riset dari CSIS dan Tenggara juga menunjukkan peran pekerja lepas bagi ketangguhan ekonomi Palembang," ucapnya.

Sebagai pusat perekonomian Sumatera Selatan, lanjutnya, para gig worker di Palembang perlu melakukan inovasi agar bisa bersaing dengan pasar yang lebih besar serta kemajuan zaman yang tidak bisa dielakkan. Ia pun mengajak seluruh pelaku UMKM Palembang untuk ambil bagian dalam program #TerusUsaha agar dapat bertumbuh dan bersaing dengan lebih baik.

"Inilah gebrakan kita bersama, antara pemerintah, swasta dan masyarakat," tukasnya.

Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi, Provinsi Sumatera Selatan, Musiawati, juga menyampaikan apresiasinya untuk program #TerusUsaha yang diluncurkan hari ini di Palembang. Menurutnya, di tengah pandemi COVID-19, perlu adanya dukungan bagi pelaku UMKM seperti yang dilakukan Grab.

"Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan selalu mendukung kemajuan UMKM lokal, namun di tengah pandemi COVID-19, perlu ada dukungan lebih bagi pelaku UMKM, mengingat mereka menjaga roda perekonomian dapat terus berputar. Pandemi ini juga menunjukkan bahwa digitalisasi menjadi sangat penting dan sudah terbukti UMKM digital tetap bisa beroperasi di masa PSBB," ujarnya.

"Kami ucapkan terima kasih bagi Grab Indonesia, melalui program #TerusUsaha dapat membantu digitalisasi UMKM Sumatera Selatan dengan lebih baik. Saya juga sangat senang bahwa Grab berkomitmen untuk mendukung pemerintah dan memastikan bahwa UMKM juga terlibat dalam ekonomi digital melalui #TerusUsaha," pungkasnya.

(prf/ega)