Peta Koalisi Gibran Rakabuming Raka Maju Pilkada Solo

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 20:20 WIB
Gibran daftar bakal Cawalkot Solo
Gibran Rakabuming Raka. (dok. Ist)
Jakarta -

Gibran Rakabuming Raka siap menjemput tiket dari PDIP untuk maju Pilkada Solo. PDIP kabarnya akan menduetkan Gibran Rakabuming Raka dengan Teguh Prakosa untuk maju Pilkada Solo. Sedikit menengok perjalanannya, Gibran sudah mengantongi dukungan dari mayoritas partai politik.

Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa mengakui telah menerima undangan untuk menghadiri pengumuman rekomendasi Pilkada Solo dari PDIP di Kantor DPD PDIP Jateng di Semarang, besok. Gibran pun mohon doa kelancaran.

"Saya mohon doanya aja agar semua dilancarkan. Matur nuwun (terima kasih)," kata Gibran melalui pesan tertulisnya kepada wartawan, Kamis (16/7/2020).

Lantas jika Gibran-Teguh jadi diusung PDIP, seperti apa pemetaan koalisinya? Sebagai informasi PDIP memborong 30 dari 45 kursi DPRD Solo. Untuk maju, Gibran setidaknya membutuhkan perolehan paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu anggota DPRD sesuai Pasal 40 UU Nomor 10 Tahun 2016 atau 9 kursi.

Sedangkan jumlah suara parpol non-PDIP di bawah syarat minimal yaitu 9 kursi. PKS memiliki 5 kursi, PAN, Gerindra, Golkar masing-masing 3 kursi, dan PSI punya 1 kursi.

Partai Gerindra, Golkar dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sudah tegas mendukung Gibran sejak awal. Bahkan Gerindra sempat mengaku siap mendorong Gibran maju lewat koalisi partai jika tidak dipilih oleh PDIP.

"Karena kami tidak bisa mengusung calon sendiri, kami akan mengajak partai lain mengusung Gibran. Kemungkinan besar PSI, Golkar dan satu lagi PKS atau PAN," kata Ketua DPC Gerindra, Ardianto Kuswinarno, Jumat (21/2).

Sedangkan Ketua DPD PSI Solo, Antonius Yogo Prabowo sudah jauh hari menyatakan yakin Gibran akan dipilih oleh PDIP untuk maju Pilkada Solo. Kemudian, DPD Golkar Solo juga telah menyatakan mendukung Gibran Rakabuming, sesuai instruksi di tingkat pusat.

Tonton video 'FX Rudy Siap Menangkan Gibran di Pilkada Solo':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3