DPRD Sumut Minta Pemprov Bantu UMKM agar Warga Miskin Tak Makin Bertambah

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 13:07 WIB
Rapat DPRD Sumut bersama Pemprov (Ahmad Arfah-detikcom)
Ilustrasi DPRD Sumut (Ahmad Arfah/detikcom)
Medan -

Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Utara menyebut jumlah penduduk miskin di Sumut naik menjadi 1,28 juta jiwa pada Maret 2020. DPRD meminta Pemprov berfokus membantu UMKM agar jumlah penduduk miskin tak makin bertambah.

"Kita ini kan menghadapi COVID. Kita minta gubernur dana refocusing itu dalam COVID ini kalau kesehatan sudah cukup misalnya, kita minta UMKM dibantu untuk angkat ekonomi. Kita fokus ke UMKM dulu. Ini yang di lapangan sangat terasa sekali," kata Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Kamis (16/7/2020).

Dia menilai saat ini pengusaha besar telah dibantu lewat keringanan pajak. Baskami pun meminta UMKM dibantu agar jumlah penduduk miskin tak naik.

"Kalau pengusaha besar ini kan minta pajak dibantu, dikurangi segala macam dibantu, sudah sama pusat. Kalau ini kita minta UMKM difokuskan dibantu," tuturnya.

Politikus PDIP ini juga meminta Pemprov Sumut mengundang pakar-pakar ekonomi. Dia menilai para pakar bisa membantu memberi solusi mengatasi dampak pandemi.

"Kita minta ke Gubernur supaya diundang pakar-pakar ekonomi, kita undang, apa solusinya hadapi ini," ujar Baskami.

Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution juga menilai UMKM harus segera diberi bantuan. Dia mengatakan saran tersebut sudah disampaikan lewat rapat-rapat DPRD bersama Pemprov.

"Kalau dari rapat-rapat kami selama ini kan terkait itu masih mendorong untuk UMKM. Kita di COVID ini memang telah memprediksi seperti itu, baik di daerah maupun pusat," ucap Harun.

Tonton video 'Pemerintah Luncurkan Penjaminan Kredit Modal Kerja untuk UMKM':

Selanjutnya
Halaman
1 2