Terhalang Kawat Duri, Massa Panjat Pagar Tol Menuju Lokasi Demo di Depan DPR

Luqman Nurhadi Arunanta - detikNews
Kamis, 16 Jul 2020 11:07 WIB
Massa demo di depan DPR panjat pagar tol dalam kota
Foto: Massa demo di depan DPR panjat pagar tol dalam kota (Luqman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah massa demo ormas Islam di depan Gedung DPR tampak terhalang masuk oleh pagar kawat berduri yang diawasi polisi dari arah Semanggi. Mereka memilih untuk mengambil jalan memutar lewat Tol dalam kota dan memanjat pagar menuju area demo sisi arah Slipi.

Pantauan detikcom di Jalan Gatot Subroto, depan Gedung DPR, Jakarta Pusat, Kamis (16/7/2020) pukul 10.15 WIB, tampak puluhan massa ormas Islam di area demo buruh terhalang pagar kawat saat hendak lewat. Polisi meminta massa untuk memutar lewat JPO atau melewati jalan lain.

Namun, salah seorang massa tampak tetap ingin dibukakan jalan. "Kami jauh-jauh ke sini dilempar bola dimuter-muter ke sana ke sini," ujar salah seorang pria yang membawa bendera ormas mereka.

Massa akhirnya memilih untuk menyeberang dari sisi lain Jalan Gatot Subroto menembus tol dalam kota. Setelah itu, mereka memanjat pagar menuju area demo ormas Islam dibantu mobil.

Polisi tampak berusaha mencegah massa menyeberang tol dalam kota dan memanjat pagar. Massa yang memanjat pagar tampak tidak hanya pemuda tapi juga wanita. Peristiwa itu berlangsung sekitar 15 menit, lalu lintas terpantau ramai saat itu.

Tidak beberapa lama, polisi akhirnya membuka pagar kawat agar massa ormas Islam dari area demo buruh bisa masuk. Mereka tampak dikawal polisi lewat jalur busway. Saat ini massa ormas Islam sudah memadati lokasi, siap untuk menyampaikan aspirasi mereka.

Diketahui PA 212 dan sejumlah ormas Islam akan melakukan aksi untuk menolak RUU HIP. Sementara para buruh akan melakukan aksi tolak omnibus law RUU Cipta Kerja.

Tonton video 'Tolak RUU HIP, Massa PA 212 Padati Jalan Depan Gedung DPR':

(lir/lir)