Kuras Ratusan Juta Duit Korban, 3 Pelaku Ganjal ATM Dibekuk Polres Jakbar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 22:41 WIB
Polisi ringkus komplotan pelaku ganjal ATM
Polisi meringkus komplotan pelaku ganjal ATM. (dok. Istimewa)
Jakarta -

Satuan Reskrim Polres Jakarta Barat menangkap komplotan pelaku pencurian modus ganjal ATM. Ada puluhan orang yang korban para pelaku dengan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Kapolres Jakbar Kombes Audie S Latuheru mengatakan 3 pelaku itu adalah AS, MD, dan JI. Para pelaku memiliki peran masing-masing, dari yang mengintip PIN ATM hingga mengalihkan perhatian korban.

"Jadi caranya mereka ada 3 orang, salah satu tugasnya ganjal lubang ATM dengan tusuk gigi yaitu tersangka AS. Sehingga ATM korban tidak bisa keluar," kata Kombes Audie di Polres Jakbar, Rabu (15/7/2020).

Sementara itu, tersangka lainnya bertugas mengintip PIN ATM korban dari belakang. Dia seolah-olah nasabah yang mengantre untuk menggunakan mesin ATM.

"Dan membuat si korban grogi, namanya orang antre ATM ada orang di belakang nungguin dia merasa grogi dan yang di depan ini bertugas agar korban panik," tuturnya.

Ketika korban kesulitan mengeluarkan ATM, pelaku mulai melancarkan aksinya. Salah satu pelaku akan berpura-pura menolong korban dan menukarkan ATM korban.

"Kartu ATM itu kemudian diambil dan dikasih ke temannya, kartu ATM yang baru dikasih ke korban, sehingga korban bisa melanjutkan transaksi. Setelah itu lalu kabur dari TKP, kemudian gunakan ATM hasil curian tadi digunakan untuk narik sejumlah uang korban," tuturnya.

Dari para pelaku ini, polisi menyita 20 kartu ATM. Dari hasil pemeriksaan ATM-ATM tersebut, para pelaku diketahui tidak hanya melancarkan aksinya di Jakarta Barat, tetapi di wilayah sekitarnya.

"Setiap beraksi mereka biasanya langsung kuras isi ATM semaksimal mereka. Untuk kumulatifnya sekitar ratusan juta," kata Kasat Reskrim Polres Jakbar Kompol Teuku Arsya Khadafi.

(mea/mea)