Kakorlantas Ungkap Mekanisme Razia Lalu Lintas di Masa Pandemi Corona

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 13:36 WIB
Kakorlantas Polri Irjen Istiono
Foto: Kakorlantas Polri Irjen Istiono (Tiara Aliya/detikcom)

Dalam Operasi Patuh 2020 ini, Istiono mengarahkan jajaran untuk melakukan penegakan hukum secara tematik. Di mana, jajaran kepolisian diinstruksikan untuk meggencarkan sosialisasi sebelum hari H operasi. Kemudian, selama menjalani Operasi Patuh 2020 menargetkan jenis pelanggaran apa yang akan ditindak sesuai temuan di lapangan.

Istiono mencontohkan di suatu ruas jalan DKI Jakarta kerap ditemukan pengendara yang melawan arah. Apabila tetap ditemukan pelanggaran yang sama setelah sosialisasi, maka polisi akan menindak pelanggar.

"Misalnya kalau di Jakarta banyak yang melawan arus, itu saja yang kita tindak nanti. Oh di penggal jalan sekian sampai sekian, jadi nanti (sebelumnya) kita sudah umumkan dari sekarang tanggal 23-5 yang melawan arus dipenggal mana, kita jagain. Kalau masih bandel kita umumkan seminggu ini, ya kita tindak. Kan kita udah warning," jelasnya.

"Kemudian misalnya di suatu kota mana atau provinsi mana masyarakatnya banyak yang nggak pakai helm, kita tetapkan di penggal jalan ini sampai di penggal jalan ini kita akan lakukan operasi penggunaan helm. Kalau masih kita umumkan masih bandel ya toh, ya kita tilang," sambungnya.

Halaman

(lir/lir)