PSBB Transisi DKI Berakhir Besok, Diperpanjang atau Diakhiri?

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 15 Jul 2020 06:31 WIB
Saat ini, DKI Jakarta tengah melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Warga kini mulai kembali berkantor.
Suasana PSBB Transisi di Jakarta (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi DKI Jakarta fase dua akan berakhir esok hari. Pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI), Iwan Ariawan menyarankan agar PSBB transisi dilanjutkan karena penularan virus Corona di Ibu Kota belum bisa dikendalikan.

"Dari pantauan tim saya memang kecepatan transmisi juga naik lagi. Rt sudah di atas 1, di 1,15. Jadi PSBB transisi harus diperpanjang bahkan pelaksanaan protokol kesehatan harus semakin besar cakupan & konsitensinya. Tes-lacak-isolasi kasus harus semakin banyak," ujar Iwan kepada wartawan, Selasa (14/7/2020).

Iwan mengatakan pemerintah harus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pandemi virus Corona belum berakhir, serta meningkatkan protokol kesehatan yang ketat.

"Komunikasi ke masyarakat harus lebih baik, supaya masyarakat jelas bahwa kondisi epidemi belum sepenuhnya terkendali, jadi kalau tidak tidak sangat perlu tidak usah keluar rumah. Jika keluar rumah harus selalu mentaati protokol kesehatan," katanya.

Sementara di pusat kerumunan seperti pasar dan transportasi, Iwan menyebut protokol kesehatan harus dilakukan secara konsisten. Petugas juga perlu melakukan pengawasan.

"Di pasar dan angkutan umum, protokol kesehatan harus dilakukan dengan konsisten dan benar. Harus ada pengawasan dari aparat pemerintah," imbuhnya.

Untuk diketahui PSBB transisi fase II akan berakhir 16 Juli besok. Kebijakan ini merupakan perpanjangan dari PSBB transisi yang dimulai sejak awal Juni lalu.

(lir/aud)