Perawat Puskesmas di Sabang Positif Corona, 95 Nakes Lain Isolasi Mandiri

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 20:39 WIB
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China
Ilustrasi pasien (Foto: iStock)
Banda Aceh -

Seorang perawat Puskesmas Balohan, Kota Sabang, Aceh, NII (40), dinyatakan positif Corona (COVID-19). NII termasuk orang tanpa gejala (OTG) dan kini menjalani isolasi mandiri.

"Satu orang warga kita terkonfirmasi positif COVID-19. Ini kasus kedua di Kota Sabang," kata Kepala Bagian Umum dan Humas Pemerintah Kota Sabang Bahrul Fikri dalam keterangannya, Selasa (14/7/2020).

NII diketahui positif Corona berdasarkan hasil pemeriksaan swab kedua yang dilakukan di Balitbangkes Aceh di Siron, Aceh Besar. Ketika pertama diambil sampel swab, hasilnya menunjukkan negatif COVID-19.

"Prosedurnya memang harus diambil swab dua kali dan setelah 14 hari dari hasil swab yang pertama, swab NII yang kedua kalinya menunjukkan hasilnya yang positif COVID-19," jelas Bahrul.

Bahrul mengatakan NII selama ini tidak memiliki gejala Corona. Setelah ada hasil positif, NII sudah menjadi isolasi mandiri di rumahnya.

Tim Gugus Tugas COVID-19 Sabang juga sudah mengambil swab terhadap kontak dekat NII sebanyak 27 orang, empat di antaranya anggota keluarga. Sementara itu, 95 petugas di Puskesmas Balohan sudah menjalani isolasi mandiri.

"(Sebanyak) 27 orang yang diambil swab-nya tadi pagi itu keluarga dan tenaga medis dan swab-nya juga sudah langsung dikirim ke Balai Litbangkes Aceh. Kita juga akan terus melakukan tracking sebagai langkah antisipasi," ujarnya.

Hari ini, ada tiga penambahan positif Corona di Aceh sehingga totalnya menjadi 110 kasus. Lima orang di antaranya meninggal dunia dan 64 orang dinyatakan sembuh.

(agse/jbr)