Round-Up

Tak Ada Pidana Bagi Prostitusi, Kenapa Hana Hanifah Masih di Kantor Polisi?

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 19:37 WIB
Hana Hanifah
Hana Hanifah (Dok. Instagram)

Soal Tak Ada Pasal Pidana Untuk Pelaku Prostitusi

Pada kasus prostitusi artis, Vanessa Angel dan model, Avriellia Shaqqila, hanya dua muncikari ini ditetapkan sebagai tersangka. Pakar kriminolog dan hukum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) Kristoforus Kleden mengatakan belum ada pasal dalam KUHP yang mengatur tentang penegakan hukum pidana untuk para pelanggan dan PSK.

"Selama ini hukum kita masih belum mengatur soal itu. Belum menyentuh pada persoalan siapa yang menjajakan dirinya maupun siapa yang menggunakan PSK itu," kata Kleden saat berbincang dengan detikcom, Jumat (11/1/2019).

Menurut Kleden, para lelaki hidung belang tetap bisa dijerat dengan pasal 284 KUHP tentang perselingkuhan. Namun pasal ini jangkauannya sangat terbatas karena merupakan delik aduan dan hanya bisa menjerat pelanggan yang sudah menikah.

Masih berkaca dari kasus Vanessa Angel yang ditangani Polda Jatim pada tahun lalu, Kabid Humas Polda Jatim yang saat itu dijabat oleh Kombes Pol Frans Barung Mangera menerangkan pria hidung belang yang memesan jasa prostitusi tidak dapat dijerat hukum karena memang belum ada undang-undang yang mengatur itu.

"Tidak ada pasal ya, tidak ada pasal, regulasi, undang-undang yang menyatakan bahwa ketika seseorang memakai daripada jasa seseorang, terutama khusus kepada prostitusi, tidak ada undang-undang," ujar Frans Barung Mangera kala itu.

Halaman

(aud/aud)