Sebar Foto Vulgar Kenalan ke Medsos, Pria di Aceh Tengah Ditangkap Polisi

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 17:48 WIB
Facebook tutup akun-akun propaganda terkait aparat Arab Saudi
Foto Ilustrasi. (Dok BBC World)
Banda Aceh -

Seorang pria di Aceh Tengah, Aceh, Sal (26), ditangkap karena diduga menyebarkan foto dan video vulgar wanita kenalannya ke media sosial. Pelaku memviralkan foto tersebut karena korban tidak ingin memenuhi permintaannya.

"Pelaku dan korban awalnya berkenalan lewat media sosial. Kemudian si pelaku meminta korban mengirim foto dan video vulgar," kata Kasat Reskrim Polres Aceh Tengah AKP Agus Riwayanto Diputra saat dimintai konfirmasi, Selasa (14/7/2020).

Permintaan pertama dipenuhi korban dengan mengirim foto dan video ke pelaku. Tak lama berselang, Sal kembali meminta korban mengirim foto dan video.

Saat itu, pelaku diduga sempat mengancam korban bila tidak memenuhi permintaannya. Ancamannya adalah menyebarkan foto dan video vulgar korban ke media sosial. Menurut Agus, korban saat itu sudah tidak menanggapi permintaan pelaku.

"Setelah permintaannya tidak dipenuhi korban, pelaku Kemudian mem-posting foto dan video korban ke Facebook. Pelaku lalu meng-screenshot posting-annya dan mengirimkan ke korban lewat aplikasi messenger," jelasnya.

Korban tidak terima dengan perbuatan pelaku sehingga membuat laporan ke Polres Aceh Tengah dengan nomor laporan LP B/82/VII/2020/SPK Polres Aceh Tengah, tertanggal 6 Juli 2020. Beberapa jam usai dilaporkan, polisi membekuk pelaku pukul 17.23 WIB sore.

"Pelaku sudah kita amankan di Polres Aceh Tengah. Pelaku telah melakukan tindak pidana pornografi dan melanggar Undang-Undang ITE," ujar Agus.

(agse/elz)