Menilik Klaim Sandiaga soal Lumbung Pangan yang Kini Jadi Program Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 14:53 WIB
Sandiaga Uno hadir dalam diskusi Opposition Leaders Economic Forum di Jakarta. Acara itu membahas Selamatkan Ekonomi Indonesia di Tengah Krisis COVID-19.
Sandiaga Uno (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Sandiaga Uno mengklaim lumbung pangan nasional merupakan salah satu program yang dicetuskan Prabowo Subianto dan dirinya pada 2018. Menurut Sandiaga, gagasan tersebut juga menjadi bagian dari janji politiknya bersama Prabowo pada Pilpres 2019.

"Karena memang pemikiran lumbung pangan nasional itu adalah pemikiran yang memang berdua kami cetuskan di tahun 2018 dan 2019 dan tawarkan sebagai satu program untuk menjadi prioritas pembangunan bangsa, pembangunan Indonesia ke depan," kata Sandiaga kepada wartawan, Selasa (14/7/2020).

Lumbung pangan saat ini menjadi program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin. Jokowi juga menunjuk Prabowo selaku Menteri Pertahanan (Menhan) sebagai leading sector untuk menggarap program yang akan terpusat di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Lantas, apakah lumbung pangan yang kini menjadi program pemerintah sama dengan yang dicetuskan Prabowo-Sandiaga?

Dalam dokumen visi-misi Prabowo-Sandiaga pada Pilpres 2019 yang diserahkan ke KPU, memang terdapat program aksi mengenai upaya-upaya membangkitkan keunggulan agraris. Namun, dalam program aksi tersebut, tidak dijelaskan secara eksplisit mengenai lumbung pangan nasional.

Berikut ini poin-poin program aksi Prabowo-Sandiaga untuk membangkitkan keunggulan agraris:

Selanjutnya
Halaman
1 2