Ketum LDII KH Abdullah Syam Meninggal Dunia

Elza Astari Retaduari - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 12:10 WIB
Ketum LDII KH Abdullah Syam meninggal dunia
Foto: Ketum LDII KH Abdullah Syam meninggal dunia. (Dok Istimewa).
Jakarta -

Kabar duka datang dari keluarga besar Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII). Sang ketua umum, KH Abdullah Syam meninggal dunia.

Berdasarkan keterangan dari LDII di websitenya, KH Abdullah Syam meninggal dunia jelang subuh tadi pukul 03.30 WIB, Selasa (14/4/2020) di Rumah Sakit Veteran dr Suyoto. Ia meninggal dunia di usia 72 tahun.

"Semoga almarhum husnul khotimah dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, kekuatan dan kesabaran serta ditetapkan dalam hidayah-Nya. Amin," demikian ucapan duka dari LDII seperti dilihat melalui situs resminya.

Selain menjadi Ketum DPP LDII, KH Abdullah Syam juga merupakan anggota Dewan Pertimbangan MUI Pusat.

Menurut dr Dani Pramudya, KH Abdullah Syam meninggal karena komplikasi diabetes, hipertensi, dan jantung. dr Dani mendampingi Abdullah hingga saat meninggal dunia.

"Beliau meninggal dunia pada pukul 03.30 pada Selasa, 14 Juli 2020," ujar Dani. Sebelumnya Abdullah Syam telah dirawat di rumah sakit selama lima hari. Karena kondisinya telah stabil, dokter yang merawat mengizinkan pulang. Namun sesampai di rumah kondisinya menurun kembali. Beliau kemudian dirawat di rumah sakit hingga meninggal dunia," ujar Dani dalam keterangan tertulis LDII.

Abdullah Syam dilantik menjadi Ketua Umum DPP LDII sejak 1998-2005, 2005-2011, 2011-2016, dan 2016-2021. Ia juga pernah menjadi birokrat dan peneliti di Kementerian Kehutanan.

Menurut Sekretaris Umum DPP LDII Dody T Wijaya, pada 2016 Abdullah Syam mengajak seluruh warga LDII menghormati para guru. Program itu diwujudkan dalam 'Gerakan Ayo Menghormati Guru'.

"Gerakan tersebut mengajak warga LDII dan seluruh bangsa Indonesia untuk menghormati para guru, baik guru dalam sekolah formal maupun nonformal seperti kyai, mubaligh-mubalighot, hingga orangtua," ujar Dody.

(elz/imk)