Lantik Perwira TNI-Polri, Jokowi Ingatkan Tantangan Teknologi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 10:04 WIB
Presiden Jokowi
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Andhika Prasetia/detikcom).

Bagi Jokowi, perwira harus mampu mengikuti dan mengejar perkembangan teknologi. Hal itu adalah bagian dari kemampuan sumber daya manusia Indonesia.

"Saudara harus menjadi bagian dari kualitas SDM Indonesia yang hebat, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang lincah, dan inovatif menghadapi perubahan, dengan karakter kokoh penjaga NKRI, dan penjaga Pancasila yang sejati," ujarnya.

Jokowi juga berpesan agar perwira remaja memegang teguh kode etik sebagai perwira TNI-Polri. Selain itu, mereka harus memiliki beberapa sifat lain selama menjalankan tugas.

"Junjung tinggi kecintaan dan kehormatan sebagai perwira TNI dan Polri. Pelihara kekompakan, dan persatuan, dan beri pelayanan terbaik bagi bangsa negara dan rakyat kita," ucap Jokowi.

Jokowi juga mengingatkan kepada perwira TNI-Polri untuk menghormati orang tua, pendidik dan pelatih yang telah membantu mereka.

"Oleh karena itu, bersimpuhlah kepada beliau yang berjasa untuk masa depan saudara. Kepada orang tua para perwira remaja, saya ucapkan selamat atas pelantikan putra/putri bapak ibu menjadi perwira TNI-Polri. Mereka bukan hanya kebanggaan bapak ibu, mereka adalah kebanggaan bangsa Indonesia," ucapnya.

"Selamat bertugas, jalankan Sapta Marga, dan sumpah prajurit, terapkan Tribrata, dan Catur Prasetia, dalam setiap langkah saudara, junjung tinggi kehormatan sebagai perwira TNI dan Polri, buat orang tua mu bangga, buat Indonesia bangga," ujarnya.

Halaman

(aik/imk)