Ini Egi, Petugas KRL Pertama yang Temukan Uang Rp 500 Juta Bareng Mujenih

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 20:29 WIB
Egi Sandi Saputra, petugas KRL jujur yang kembalikan uang Rp 500 juta.
Egi Sandi Saputra, petugas KRL jujur yang mengembalikan uang Rp 500 juta. (Foto: Screenshot video)
Jakarta -

Kejujuran Mujenih dan Egi Sandi Saputra, petugas KRL, ramai diperbincangkan setelah mengembalikan uang Rp 500 juta yang mereka temukan di gerbong KRL Bogor. Lalu, bagaimana sebenarnya sosok Egi ini?

Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo menuturkan bahwa Egi merupakan 1 dari 5.000 petugas KCI yang setiap hari melayani 960 perjalanan KRL di 80 stasiun. Menurutnya, Egi adalah petugas pengawalan kereta yang bertugas melakukan penyisiran setiap kali KRL tiba di stasiun tujuan akhir.

"Petugas pengawal kereta seperti Egi ini akan melakukan penyisiran gerbong atau kereta untuk memastikan tidak ada penumpang yang tertidur, karena pernah ada sudah nyampe masih tertidur dan ketika menemukan barang yang tertinggal wajib dilaporkan dalam Lost and Found sistem ini," kata Didiek dalam sebuah video kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Didiek menyebut bahwa Egi merupakan pegawai outsourcing yang pekerja keras, rajin, dan jujur. Dia mengatakan pria 24 tahun ini tinggal bersama ibunya bernama Eni Salsiah. Egi tulang punggung bagi keluarganya.

"Keseharian Egi merupakan pekerja keras yang rajin dan jujur, saat ini Egi tinggal bersama ibunya sebagai tulang punggung keluarga, sebagai pengganti ayahnya yang sudah meninggal," ucap Didiek.

Dia mengatakan di kereta Egi memiliki tugas mengamankan naik-turunnya penumpang. Kemudian, Egi akan bertugas mobile untuk memastikan penumpang dalam keadaan aman.

"Pada masa pandemi ini, petugas pengawalan kereta wajib melakukan pengawasan protokol COVID di KRL, seperti memastikan penumpang menggunakan masker, tidak berbicara di KRL, dan mengawasi physical distancing di dalam kereta. Egi ini adalah yang pertama kali menemukan plastik hitam yang ternyata isinya adalah uang sekitar Rp 500 juta," katanya.

Seperti diketahui, peristiwa penemuan uang Rp 500 juta ini terjadi pada Senin, 6 Juli 2020, sore di Stasiun Bogor. Uang tersebut ditemukan dari salah satu rangkaian gerbong KRL rute Jakarta-Bogor yang baru saja tiba di Stasiun Bogor.

(fas/jbr)