Jokowi Rampingkan 18 Lembaga dan Komisi dalam Waktu Dekat!

Andhika Prasetia - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 18:05 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kedua kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) meninjau lahan yang akan dijadikan
Jokowi (Hafidz Mubarak A/Antara Foto)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengancam akan membubarkan lembaga dalam sidang kabinet paripurna pada 18 Juni lalu. Ancaman ini bakal direalisasi Jokowi dalam waktu dekat.

"Dalam waktu dekat ini ada 18," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jl Medan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (13/7/2020). Pernyataan Jokowi ini menjawab pertanyaan soal perampingan lembaga dan komisi.

Jokowi membeberkan alasan di balik niatnya merampingkan 18 lembaga dan komisi. Poin penjelasan Jokowi ialah efisiensi anggaran.

"Semakin ramping organisasi ya cost-nya kan semakin bisa kita kembalikan. Anggaran, biaya. Kalau pun bisa kembalikan ke menteri, kementerian, ke dirjen, direktorat, direktur, kenapa kita harus pakai badan-badan itu lagi, ke komisi-komisi itu lagi," kata Jokowi.

Jokowi kemudian mengambil perumpamaan lembaga sebagai sebuah kapal. Jokowi ingin kapal itu bergerak cepat.

"Saya ingin kapal itu sesimpel mungkin sehingga bergeraknya menjadi cepat. Organisasi ke depan kira-kira seperti itu. Bolak-balik kan saya sampaikan, negara cepat bisa mengalahkan negara yang lambat. Bukan negara gede mengalahkan negara yang kecil, nggak. Kita yakini," tegas Jokowi.

Dalam video yang diunggah Setpres, Jokowi mengancam akan melakukan perombakan kabinet jika diperlukan. Jokowi menegaskan akan mengambil langkah penting untuk memerangi virus Corona. Dia mengancam turut membubarkan lembaga.

"Bisa saja, membubarkan lembaga. Bisa saja reshuffle. Udah kepikiran ke mana-mana saya. Entah buat Perppu yang lebih penting lagi. Kalau memang diperlukan. Karena memang suasana ini harus ada, suasana ini tidak, Bapak-ibu tidak merasakan itu sudah," kata Jokowi, Kamis (18/6) lalu.

Tonton video 'Jokowi-Prabowo Siapkan Lumbung Pangan, Antisipasi Krisis Pangan':

(gbr/jbr)