Positif Corona, 3 Peserta UTBK-SBMPTN di Makassar Tak Ikut Ujian

Ibnu Munsir - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 16:11 WIB
Hand of scientist is holding a test-tube with positive blood test on CORONAVIRUS
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/andriano_cz).
Makassar -

3 Peserta Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Kota Makassar tidak mengikuti ujian karena positif virus Corona (COVID-19). Ketiganya akan diberi kesempatan ujian susulan.

"Ada 3 yang melaporkan dirinya pada saat proses pelaksanaan jadwalnya, dia dalam suasana penyakit COVID-19," ujar Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Husain Syam di Makassar, Senin (13/7/2020).

Diketahui, 3 orang tersebut merupakan peserta UTBK-SBMPTN di kampus UNM. Ketiga peserta itu akan diberi kesempatan ujian lanjutan setelah dinyatakan bebas COVID-19, dan dengan catatan tidak melewati batas waktu yang ditetapkan.

"Sehingga dia tidak perlu datang nanti pada saat dia sembuh asalkan tidak melampaui nanti tanggal 3 Agustus 2020, itu masih bisa diakomodir tetap punya hak untuk kita layani kalau dia sudah dalam kondisi sehat," jelasnya.

Husain memastikan pelaksanaan UTBK-SBMPTN di kampus UNM hari ini berjalan lancar dengan adanya penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19).

"Pengawasan ujian tulis berbasis komputer secara langsung ini menggunakan protokol COVID-19, tapi kami tentu juga harus memastikan, sehingga setiap sesi kami berkeliling unsur pimpinan untuk memastikan semua berjalan sesuai dengan protokol COVID," imbuhnya.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN di kampus UNM diikuti sebanyak 13.848 peserta atau sekitar 95 persen peserta yang hadir.

(nvl/nvl)