Asmaul Husna Al-Hakim, Arti dan Penjelasan Maknanya

Lusiana Mustinda - detikNews
Selasa, 14 Jul 2020 05:15 WIB
Reading Al Quran in the mosque
Asmaul husna Al Hakim. Foto: iStock
Jakarta -

Asmaul Husna Al Hakim menjadi salah satu nama-nama indah Allah SWT. Allah SWT berfirman dalam surat Al-A'raf [7]: 180, "Dan Allah mempunyai Asmaul Husna (nama-nama terindah), maka berdoalah kepada-Nya dengan nama-nama itu."

Asmaul Husna (99 nama Allah) memiliki keistimewaan yang berguna bagi seluruh umat manusia. Asmaul husna seperti memberikan cahaya yang terang setiap masalah yang kita alami.

Dikutip dalam buku Asmaul Husna Makna dan Khasiat oleh Syekh Tosun Bayrak al-Jerrahi menjelaskan bahwa Allah SWT mahabijaksana dalam setiap pengetahuan dan perbuatan-Nya.

Tidak ada keraguan atau kebimbangan dalam pengetahuan-Nya yang tak terbatas. Dan tidak ada pula kebimbangan dalam perintah-Nya. Siapa saja yang mengikuti perintah-perintah Allah SWT maka dia akan belajar dari cermin pengetahuan-Nya yang sempurna mengenai hal penting yang tidak mustahil untuk dicapai dan berkembang menjadi manusia yang sempurna.

Barangsiapa yang tidak mengikuti perintah Allah SWT, maka tidak akan menerima kebaikan dan tidak dapat berkembang dan akan masuk neraka.

Rasa takut kepada Allah SWT dapat mengajarkan kita sifat bijaksana. Orang yang bijaksana adalah orang yang dapat mengendalikan hawa nafsu sehingga kehidupannya akan dijadikan bekal bagi akhirat.

Asmaul husna al hakim terdapat dalam Al quran surah Adz-Dzariyat ayat 30 yang berbunyi:

قَالُوا۟ كَذَٰلِكِ قَالَ رَبُّكِ ۖ إِنَّهُۥ هُوَ ٱلْحَكِيمُ ٱلْعَلِيمُ

Artinya: Mereka berkata "Demikianlah Tuhanmu memfirmankan" Sesungguhnya Dialah yang Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.

Asmaul husna al hakim menunjukkan bahwa Allah SWT mengetahui setiap tujuan makhluknya, maka perilaku dan perbuatannya terhadap mereka akan berselaras dengan pengetahuan itu.

Jika seseorang merasa bahwa dirinya tidak mampu melaksanakan tugas atau jika semua usaha yang dijalaninya mengalami kegagalan, kemudian dia tetap mengingat Allah SWT dan selalu percaya Allah SWT maha bijaksana seperti makna asmaul husna al hakim, maka segalanya akan berubah menjadi lebih baik.

(lus/erd)