Surya Anta Ungkap Kondisi Rutan Salemba, Ditjen Pas Akui Overkapasitas

Tim detikcom - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 14:57 WIB
Rutan salamba kabur
Rutan Salemba (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas) mengaku akan menelusuri kondisi Rutan Salemba yang diungkap mantan narapidana kasus makar Paulus Surya Anta Ginting. Namun Ditjen Pas mengakui memang rutan itu overkapasitas.

"Walaupun dianggap klasik, overcrowding ini kan menimbulkan berbagai masalah," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pas Rika Aprianti saat dimintai konfirmasi, Senin (13/7/2020).

"Kondisi overkapasitas di Rutan Salemba ini adalah kapasitas di 1.500 saat ini terisi 3.249 orang," imbuh Rika.

Di sisi lain, petugas pengamanan rutan itu disebut Rika sekitar 21-23 orang per regunya. Perbandingan itu disebut Rika cukup merepotkan pengawasan.

"Bayangkan, jangkauan pengawasan bagi penghuni, baik narapidana maupun tahanan, tentunya kan tidak maksimal, pasti tidak maksimal, tapi kami berusaha sekali lagi memenuhi pelayanan, perawatan, pembinaan dan pengawasan melekat agar semua tindakan, semua segala hal yang melanggar, termasuk barang-barang yang seharusnya tidak masuk ke dalam rutan itu jangan sampai masuk," kata Rika.

Sebelumnya, kondisi Rutan Salemba diungkap Surya Anta di akun Twitter-nya @SuryaAnta, Minggu (12/7). Dia menceritakan kondisi rutan yang overkapasitas hingga napi mengeluarkan biaya sendiri untuk mendapatkan kamar.

Saat dihubungi, pengacara Surya Anta, Oky Wiratama, mengatakan alasan cuitan itu dipaparkan dapat dijelaskan oleh Surya Anta sendiri. Namun pengacara dari LBH Jakarta tersebut kerap mendengar keluhan yang sama dari klien lainnya.

"Namun klien-klien kami LBH Jakarta memang banyak yang mengeluh akan kondisi di Rutan Salemba. Ada yang badannya gatal-gatal, berebut kepala ikan, praktik 'bayar kamar', tidur di lorong, itu sering di keluhkan oleh klien-klien LBH Jakarta, termasuk Surya," kata Oky Wiratama.

Menteri Hukum dan HAM (Menkum HAM) Yasonna Laoly sendiri sudah memberikan respons akan hal ini. Yasonna mengatakan telah memerintahkan anak buahnya mengecek kebenaran hal yang diungkap Surya Anta.

"Bukan, Dirjen sudah saya perintahkan memeriksa ke sana (Salemba)," ucapnya.

Tonton video 'Soal Over Kapasitas di Rutan Salemba, Ini Kata Menkumham':

(dhn/imk)