Sungai Masamba Meluap, Banjir Terjang Luwu Utara Sulsel

Muhammad Riyas - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 10:41 WIB
Banjir terjang Luwu Utara Sulsel (Foto: Istimewa)
Foto: Banjir terjang Luwu Utara Sulsel (Foto: Istimewa)
Luwu Utara -

Banjir menerjang Luwu Utara, Sulawesi Selatan dini hari tadi. Banjir terjadi lantaran Sungai Masamba yang meluap akibat curah hujan yang tinggi.

Banjir menerjang Luwu Utara dini hari tadi, Senin (13/7/2020). Selain merendam rumah, banjir juga menghanyutkan 1 rumah warga.

BPBD pun telah melakukan evakuasi. Evakuasi mandiri juga dilakukan oleh sebagian warga yang terdampak.

"Sebagian masyarakat telah mengungsi untuk menyelamatkan diri masing-masing bersama keluarganya," kata Kepala BPBD Luwu Utara, Muslim Mukhtar kepada wartawan, Senin (13/7/2020).

Muslim mengatakan, evakuasi mandiri tersebut dilakukan lantaran kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengevakuasi seluruh warga terdampak secara bersama-sama. Saat ini, kata dia, warga sudah diungsikan ke tempat yang aman.

"Karena kondisi tidak memungkinkan untuk kita lakukan evakuasi bersama sama, sehingga mereka evakuasi diri masing masing dan sebagian kita sudah tempatkan di gedung olahraga, di tempat yang lebih aman," tuturnya.

Banjir yang menerjang Luwu Utara itu juga terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Dalam video, juga terlihat warga yang terpaksa berpegang pada sebuah pohon lantaran terjebak banjir.

BPBD pun kemudian mengevakuasi warga tersebut menggunakan alat berat. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa. 19 KK terpaksa dievakuasi ke posko pengungsian.

(mae/mae)