Ma'ruf: Pendemi Corona Pengalaman Baru, Negara di Dunia Bekerja Ekstra Keras

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 10:41 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin
Foto: Wakil Presiden Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)
Jakarta -

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengungkapkan pandemi virus Corona adalah pengalaman baru bagi seluruh negara di dunia. Ma'ruf menyebut semua negara bekerja ekstra untuk menanggulangi pandemi ini.

"Saat ini COVID-19 telah menjadi pandemi global yang menyerang hampir semua negara di dunia. Pandemi global ini dengan segala dampaknya merupakan pengalaman baru bagi kita semua, sehingga pemerintah di seluruh dunia harus bekerja ekstra keras untuk mencari jalan keluarnya," ujar Ma'ruf dalam peluncuran buku 'Virus Deglobalisasi Masa Depan Perekonomian Global dan Nasional' yang disiarkan akun YouTube INDEF, Senin (13/7/2020).

Ma'ruf menyebut pandemi Corona juga memaksa untuk merubah kebiasaan hidup dan beradaptasi. Seperti belajar dan bekerja dari rumah hingga menggelar pertemuan secara virtual.

"Pandemi COVID-19 ini juga telah memaksa kita untuk berubah dan beradaptasi. Sebagai contoh, saat ini kita telah terbiasa bekerja dari rumah. Penyelenggaraan pertemuan, rapat dan ceramah dilakukan melalui saluran aplikasi daring," tuturnya.

"Dari sisi aktivitas ekonomi, kita semakin terbiasa berbelanja kebutuhan pokok secara daring atau melalui jaringan sosial media. Perubahan besar juga terjadi di lingkungan pemerintahan di mana sebagian penyelenggaraan pemerintahan dan negara dijalankan dengan menggunakan teknologi komunikasi jarak jauh. Di bidang pendidikan juga terjadi perubahan mendasar di mana terjadi perubahan dalam proses belajar mengajar yang dilakukan secara jarak jauh menggunakan aplikasi daring," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2