Arti Afwan dan Penggunaannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Rosmha Widiyani - detikNews
Senin, 13 Jul 2020 06:00 WIB
Young beautiful muslim girl with phone in home
Foto: Getty Images/ibnjaafar/Arti Afwan dan Penggunaannya Dalam Kehidupan Sehari-hari
Jakarta -

Afwan bukan kata asing terutama bagi yang bersinggungan dengan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari. Kata afwan merupakan frasa dasar dalam bahasa Arab untuk komunikasi lisan atau tertulis.

Tulisan afwan dalam huruf Arab adalah:

عَفْوًا

Arti kata afwan adalah:

1. Permisi

2. Sama-sama

Dua arti kata afwan tersebut dikutip dari A Dictionary of Modern Written Arabic dari Hans Wehr. Arti lain kata afwan adalah otomatis (automatically), sendiri (by oneself), dan tidak sengaja (incidentally, spontaneously, dan without design).

Dengan arti tersebut maka afwan bisa digunakan dalam beberapa momen yang berbeda saat beraktivitas. Arti permisi biasa digunakan sebelum bertanya dengan makna yang mirip excuse me, i beg your pardon, atau pardon me dalam bahasa Inggris.

Sedangkan arti sama-sama muncul sebagai balasan kata shukran sebagai ungkapan terima kasih. Dalam bahasa Inggris, maknanya seperti kalimat you're welcome. Afwan juga punya arti tidak apa-apa yang mirip not at all atau don't mention it.

Kata Afwan secara harfiah dalam bahasa Arab juga bisa berarti maaf. Dikutip dalam buku berjudul Ar-Risalah: Panduan Lengkap Fikih dan Ushul Fikih, afwan berasal dari kata al-'afw yang berarti maaf atau ampunan.

"Rasulullah tidak mengutamakan apa pun selain keridhaan Allah. (Jika demikan halnya) maka kata Al-'afw (maaf/ampunan) tidak keluar dari dua kemungkinan (makna); adakalanya maaf terhadap taqshir (ketidaksempurnaan) dan adakalnya tausi'ah (memberikan toleransi)," tulis buku tersebut.

Dengan arti dan makna yang beragam, maka sangat penting untuk memahami lebih dulu konteks penggunaan kata afwan. Pemahaman atas konteks memungkinkan penggunaan afwan sesuai kondisi saat berkomunikasi.

(row/erd)