DKI 3 Kali Pecah Rekor Tambahan Corona dalam Seminggu! Kini 404 Kasus

Arief Ikhsanudin - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 16:27 WIB
Poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyampaikan terjadi lagi rekor penambahan kasus baru virus Corona di DKI Jakarta. Disebut, pecah rekor kali ini adalah ketiga dalam kurun waktu satu minggu.

"Hari Minggu tanggal 12 Juli 2020, izinkan saya sampaikan perkembangan terbaru terkait penanganan COVID-19 di Jakarta. Tadi pagi pukul 10.00 WIB, Dinas Kesehatan melaporkan angka kasus baru yang muncul di Jakarta. Dalam seminggu terakhir kita tiga kali mencatat rekor baru penambahan harian. Hari ini adalah yang tertinggi sejak tangani kasus di Jakarta. Ada 404 kasus baru. Tidak boleh dianggap enteng," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam video yang diunggah oleh akun resmi Pemprov DKI Jakarta, seperti dilihat detikcom, Minggu (12/7/2020).

Menurut Anies, tingginya penambahan kasus baru merupakan efek dari kegiatan pencarian kasus. Ada tindakan aktif dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mencari kasus baru.

"Memang sebagian besar penambahan kasus harian karena gencarnya kita, yang disebut active case finding. Artinya, kita tidak menunggu pasien di fasilitas kesehatan, tapi puskesmas kita kejar kasus positif di masyarakat. Bukan kita pasif di Jakarta, kita aktif lakukan tracing dan testing. Dari situ kita kemudian isolasi. Tetapi angka tetap tinggi," ucap Anies.

Anies mengaku akan terus menambah kapasitas tes PCR di wilayahnya, meski Jakarta telah melampaui standar dari WHO.

"Walaupun kita sudah lakukan peningkatan kemampuan testing, tes PCR di Jakarta per minggu sudah tiga kali lipat dari standar WHO. Tapi kita akan tingkatkan testing kita," ucap Anies.

Seperti diketahui, dalam satu minggu terakhir, rekor penambahan kasus pertama terjadi pada Rabu (8/7), dilihat dari situs resmi Corona Jakarta, corona.jakarta.go.id, tercatat angka 344. Kemudian, pecah rekor pada Sabtu (11/) dengan tambahan 359 kasus. Lalu, pecah rekor lagi pada hari ini dengan 404 kasus.

Tonton video 'Update COVID-19 RI 12 Juli: 35.638 Orang Sembuh, 3.606 Meninggal':

(aik/gbr)