Pilkada Tanpa Mahar, Ketum Golkar: Jika Menang, Ini Modal Pemilu

Nurcholis Ma'arif - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 13:54 WIB
Golkar
Foto: dok. Golkar
Jakarta -

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan pilkada adalah jalan awal untuk memenangi pemilu. Makanya ia meminta kepada seluruh kader Partai Beringin bekerja keras mewujudkan kesuksesan Pilkada 2020.

"Prasyarat utama untuk menuju kemenangan pileg (pemilihan legislatif) adalah memenangi pilkada," ungkap Airlangga dalam acara Penyerahan Surat Keputusan DPP Partai Golkar Bakal Calon Kepala Daerah Pilkada Tahun 2020 di Kantor DPP Golkar, Jakarta, Minggu (12/7/2020).

Airlangga menyebut pilkada kali ini dilakukan dalam era baru, era new normal, dengan kondisi pandemi COVID-19 yang belum mereda dan harus disikapi serius sejak dini.

"Ini adalah proses panjang, Semoga bisa dijalani bersama," kata Airlangga, yang saat ini sudah menyerahkan 156 surat keputusan untuk bakal calon kepala daerah di Pilkada 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Perekonomian RI ini juga menegaskan Partai Beringin akan senantiasa mencalonkan kader terbaiknya.

"Golkar menunjuk para calon ini tanpa mahar. Karena, jika nanti menang, ini adalah modal untuk pemilu," ungkap Airlangga.

Kata dia, soliditas seluruh kader Partai Golkar harus benar-benar diwujudkan. "Seluruh ketua DPRD harus satu jalan dan loyal kepada keputusan Partai," ucap Airlangga.

Selain itu, lanjut Airlangga, soliditas dan kekompakan kader untuk memenangkan calon yang diusung partai adalah pertaruhan bersama.

"Target menang adalah 60 persen. Seluruh elemen kekuatan Golkar harus solid. Bersatu padu memenangkan calonnya di daerah masing-masing," tutur Airlangga.

Kata dia, strategi pemenangan di Pilkada 2020 juga sudah dibahas bersama oleh seluruh kader Partai Golkar. Airlangga berharap strategi tersebut bisa memenangi pilkada nanti.

"Politik itu adalah menang dan kalah, bukan untung dan rugi. Untuk menang banyak hal yang bisa dilakukan," tambah Airlangga.

Dalam kesempatan tersebut, figur yang akrab disapa AHA ini juga berpesan untuk tetap solid menjaga jalannya pemerintahan di daerahnya masing-masing.

"Dalam menghadapi gelombang pandemi COVID-19 kedua, semua daerah ditantang untuk kreatif dalam membangun Perekonomian," ujar Airlangga.

Ia menjelaskan pemulihan ekonomi menjadi jalan terpenting agar bangsa Indonesia bisa terlepas dari krisis yang berkepanjangan.

(akn/ega)