Gereja Katedral Kembali Dibuka, Begini Suasana Misa Terbatas Minggu Pagi

Jehan Nurhakim - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 11:37 WIB
Suasana di Gereja Katedral Minggu (12/7/2020) pagi (Jehan Nurhakim/detikcom)
Foto: Suasana di Gereja Katedral Minggu (12/7/2020) pagi (Jehan Nurhakim/detikcom)
Jakarta -

Gereja Katedral Jakarta sudah menggelar Misa pagi ini namun secara terbatas. Peribadatan tersebut dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan COVID-19.

Pantauan detikcom di lokasi, Minggu (12/7/2020) pagi, Misa sudah berlangsung khidmat. Umat yang beribadah memakai masker hingga face shield. Pihak Gereja Katedral mengatakan kapasitas yang disediakan hanya sekitar 20%.

Umat yang selesai beribadah keluar dari ruangan Gereja Ketedral satu per satu, dimulai dari yang paling belakang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerumunan ketika keluar.

Dalam keterangan yang diterima dari Humas Gereja Katedral Jakarta, Susyana Swad, Misa Minggu dan harian bersama umat mulai dilaksanakan per Minggu (12/7) secara 'terbatas' dengan memenuhi protokol kesehatan dan ketentuan Pediman Umum Pelayanan Sakramen KAJ dalam Masa Tatanan Kehidupan Baru serta Pedoman Teknis Paroki.

Sebelumnya diberitakan Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) memastikan sejumlah gereja di wilayah DKI Jakarta, Bekasi, dan Tangerang akan buka 12 Juli 2020. Pihak KAJ menyebut akan ada modifikasi tata cara peribadatan secara offline di gereja.

"Terkait tata peribadatan liturgi apabila nanti sudah dibuka perayaan ekaristi secara tatap muka offline, tentu ada modifikasi modifikasi tertentu sesuai dengan tatanan hidup yang baru," kata Sekjen KAJ, Romo Adi Prasodjo, dalam video yang diunggah di Instagram Katedral Jakarta, Sabtu (11/7).

Tonton video 'Melihat Suasana Misa Terbatas di Gereja Katedral Jakarta':

(gbr/knv)