BNI Lanjutkan Swab Test Gratis ke Denpasar dan Bandung

Faidah Umu Safuroh - detikNews
Minggu, 12 Jul 2020 08:46 WIB
BNI
Foto: BNI
Jakarta -

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus mendukung Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam mempersatukan kekuatan demi menahan penyebaran wabah virus Corona di Indonesia. Salah satu program yang dilakukan adalah melaksanakan swab test secara gratis di kawasan-kawasan yang terpapar wabah cukup tinggi di Indonesia, seperti yang dilaksanakan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI.

BNI sukses menggelar swab test massal gratis di Jakarta pada 20-21 Mei 2020, di Padang pada 2 Juni 2020, di Kota Palembang pada 7-8 Juni 2020, Kota Sidoarjo - Jawa Timur pada 24 - 25 Juni, dan kemudian di Yogyakarta 27-28 Juni 2020. Kali ini giliran masyarakat Kota Denpasar dan Bandung yang mendapatkan swab test gratis dari BNI.

"Ini adalah kelanjutan dari langkah kami untuk membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar COVID-19 di Denpasar dan sekitarnya. Dengan dukungan berbagai pihak, kami laksanakan uji usap (swab rest) ini secara gratis bagi masyarakat, tenaga medis, dan rekanan BNI. Dalam kesempatan ini, kami juga memberikan bantuan berupa Paket APD untuk tenaga medis RS Daerah Bali Mandara," tutur Direktur Treasuri dan Internasional BNI, Putrama Wahju Setyawan, dalam keterangan tertulis, Minggu (12/7/2020).

Di Denpasar, swab test gratis dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara, Sabtu, (11 Juli 2020). Dalam kesempatan tersebut, BNI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Bali untuk menyediakan 1.500 swab gratis. Pada kesempatan yang sama BNI juga menyerahkan sumbangan berupa 1 set mesin PCR yang digunakan untuk membantu percepatan proses diagnosa hasil swab yang diserahkan kepada Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Bali.

Hadir dalam acara swab tes gratis tersebut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Bali, I Wayan Widia; Direktur Rumah Sakit Bali Mandara, dr. Gede Bagus Darmayasa; Satgas Penanganan COVID-19 BUMN, Agung Wijaya; serta Direktur Tresuri dan Internasional BNI, Putrama Wahju Setyawan.

Langkah ini merupakan bagian dari program mewujudkan BUMN yang terbebas dari virus Corona, #CovidSafeBUMN, dan salah satu rangkaian dari program BNI Berbagi yang memberikan 30.000 swab test gratis bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Selain itu, pemberian swab test ini sekaligus menjadi bagian dari rangkaian perayaan hari ulang tahun ke-74 BNI, yang jatuh pada 5 Juli 2020.

Sementara itu, dr. Gede menuturkan kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi nyata dari RSUD Bali Mandara sebagai Rumah Sakit Rujukan COVID-19 dalam menangani penyebaran Covid-19 bersama BNI.

"Saya atas nama Direktur RSUD Bali Mandara beserta civitas hospitalia RSUD Bali Mandara mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya acara ini, harapannya dengan kegiatan uji usap massal ini dapat mendeteksi dini dan menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia khususnya di Kota Denpasar," ujarnya.

Pelaksanaan uji usap gratis dilengkapi pemantauan epidemiologi dan follow-up kasus, yang berkolaborasi dengan Rumah Sakit Bali Mandara. Hasilnya akan dilaporkan langsung kepada pasien melalui nomor telepon seluler yang telah terdaftar pada saat registrasi. Maka hal ini bersifat sangat confidential dan merupakan bagian penting dalam peningkatan kecepatan penanganan kasus positif Corona.

Selama masa pandemi ini, bantuan CSR yang telah BNI berikan adalah bantuan tanggap darurat bencana wabah Corona berupa alat pelindung diri (APD) kesehatan kepada rumah sakit rujukan yang tersebar di Bali serta 20.000 paket pangan kepada masyarakat Denpasar yang terkena dampak COVID-19 senilai total Rp 2 miliar.

Swab test gratis juga digelar di Bandung, tepatnya dilaksanakan di Balai Kota Bandung, pada hari yang sama. Dalam kesempatan tersebut, BNI bekerja sama dengan Rumah Sakit Citra Arafiq untuk menyediakan 500 swab gratis.

Balai Kota Bandung

Sementara itu, Swab Test gratis di Bandung dilaksanakan di Balai Kota Bandung, pada hari yang sama. Dalam kesempatan tersebut, BNI bekerja sama dengan Rumah Sakit Citra Arafiq untuk menyediakan 500 swab gratis.

Hadir pada acara tersebut Walikota Bandung Oded Muhammad Danial/Wakil Walikota Yana Mulyana (undangan), Ketua Satgas Covid-19 Lussy A Seba (undangan), Kepala Dinkes Provinsi Jabar Berli Hamdani (undangan), Kadinkes Kotamadya Bandung Rita Verita Sri Hasniarty (undangan), Direksi BNI (tentative) Dan Pimpinan BNI Wilayah Bandung Efrizal.

Efrizal mengatakan, "Program ini adalah kelanjutan dari langkah BNI membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar Covid-19 di Bandung dan sekitarnya. Dengan dukungan berbagai pihak, kami laksanakan uji swab ini secara gratis bagi masyarakat, tenaga medis dan rekanan BNI. Dalam kesempatan ini kami juga memberikan bantuan berupa Paket APD 590 kepada DINKES untuk tenaga medis"

"Program ini adalah kelanjutan dari langkah BNI membantu percepatan deteksi pasien yang terpapar COVID-19 di Bandung dan sekitarnya. Dengan dukungan berbagai pihak, kami laksanakan uji swab ini secara gratis bagi masyarakat, tenaga medis dan rekanan BNI. Dalam kesempatan ini kami juga memberikan bantuan berupa Paket APD 590 kepada DINKES untuk tenaga medis," ujar Haris.

Pelaksanaan swab test gratis dilengkapi pemantauan Epidemiologi dan follow up kasus yang berkolaborasi dengan Rumah Sakit Citra Arafiq dan hasilnya dilaporkan langsung kepada pasien melalui nomor handhphone yang telah terdaftar pada saat registrasi.

Selama masa pandemi ini, bantuan CSR yang telah BNI berikan berupa bantuan tanggap darurat bencana wabah pandemi Corona berupa Alat Pelindung Diri (APD) kesehatan kepada rumah sakit rujukan yang tersebar di Jawa Timur dan bantuan 8.588 paket sembako kepada masyarakat Jawa Barat terdampak COVID-19 senilai total ± Rp 2 miliar.

Dalam kegiatan tersebut, baik di Denpasar maupun di Bandung, terlihat animo masyarakat mengikuti uji usap gratis. Protokol kesehatan COVID-19 diterapkan dalam kegiatan ini, dari cek suhu dan cuci tangan saat kedatangan peserta, registrasi awal, penerapan physical distancing di tempat duduk antrean, penyemprotan disinfektan di lokasi, hingga pelaksanaan lainnya sampai selesai. Petugas medis yang melayani uji usap juga menggunakan APD lengkap.

(akn/ega)