Klaim Anies: Museum Sejarah Nabi di Ancol Jadi yang Terbesar di Luar Saudi

Farih Maulana Sidik - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 19:50 WIB
Jumpa pers Anies tentang 2 tahun kepemimpinan di DKI Jakarta (Arief/detikcom)
Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Arief/detikcom)
Jakarta -

Museum Sejarah Nabi di Ancol akan dibangun di atas lahan reklamasi. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengklaim museum ini bakal jadi museum sejarah nabi yang terbesar di luar Saudi Arabia.

"Museum ini akan menjadi museum terbesar tentang sejarah nabi di luar Saudi Arabia," kata Anies dalam siaran YouTube Pemprov DKI Jakarta seperti dilihat detikcom, Sabtu (11/7/2020).

Anies mengatakan Museum Sejarah Nabi akan menggunakan lahan seluas 3 hektare dari ratusan hektare yang sudah disiapkan. Museum itu akan dibangun di tepi pantai dari kawasan wisata Ancol.

"Di kawasan ini akan di ambil 3 hektare dari 120 hektare yang direncanakan, dari 20 yang sudah ada hanya 3 hektare untuk membangun Museum Sejarah Nabi. Museum sejarah nabi ini akan menjadi museum yang dibangun di tepi pantai, bagian dari kawasan Ancol," ucap Anies.

Kemudian, Anies juga menjawab kritik publik yang mempertanyakan mengapa museum itu harus dibangun di kawasan perluasan Ancol. Menurutnya, kawasan wisata Ancol itu merupakan bagian dari rencana pengembangan kawasan wisata di Jakarta.

"Ya kawasan ini memang dirancang untuk berkembang sebagai pusat kegiatan wisata, bukan saja bagi Indonesia, tapi harapannya bagi Asia Tenggara, bahkan Asia," katanya.

Tonton juga 'Anies: Perluasan Kawasan Ancol Pakai Hasil Kerukan Sedimentasi Waduk':

[Gambas:Video 20detik]

Dia menuturkan Ancol yang saat ini luasnya sekitar 200 hektare, setiap tahun ada lebih dari 20 juta pengunjung. Menurutnya, manfaat ekonomi bagi Jakarta sangat dirasakan betul dari tempat wisata ini.

"Jadi lahan sekarang terbentuk akan dimanfaatkan untuk pembangunan, dirasakan manfaatnya bagi masyarakat luas. Dan bukan cuma untuk Museum Sejarah Nabi, tapi ini menjadi kawasan pantai terbuka untuk masyarakat dan kita ingin kawasan Ancol ini menjadi yang terbesar dan yang terbaik sebagai kawasan liburan di Asia," pungkasnya.

(fas/hri)