Pemerintah Sebut Tak Disiplin Bermasker Banyak Sumbang Kasus Positif Corona

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 16:50 WIB
Poster
Ilustrasi Masker di Tengah Pandemi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah mengungkapkan pentingnya penggunaan masker di tengah pandemi Corona (COVID-19) saat ini. Sebab salah satu faktor penyumbang penularan positif Corona terbanyak yakni tidak disiplin menggunakan masker.

"Mari kita sadari bahwa dari penelitian yang terus berlangsung yang dilaksanakan para ahli sekarang terlihat salah satu faktor yang paling menyumbang kasus positif terbanyak adalah ketidakdisiplinan menggunakan masker," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (Yuri), saat jumpa pers yang disiarkan langsung kanal YouTube BNPB, Sabtu (11/7/2020).

Yuri mengatakan penggunaan masker secara disiplin sebagai salah satu upaya pencegahan penularan virus Corona. Dia menyebut masker kain sudah memiliki kualitas yang mencukupi untuk digunakan oleh masyarakat.

"Kami mengingatkan kembali gunakan masker, gunakan masker yang nyaman untuk kita pakai, masker kain sebenarnya memiliki kualitas cukup bagus, namun apabila design terlalu ketat menutup hidung ini juga membuat tidak nyaman," ucapnya.

Selain itu, Yuri tidak menyarankan masyarakat hanya menggunakan face shield. Dia pun mengibaratkan penggunaan face shield tanpa masker seperti menggunakan payung saja saat hujan sehingga masih berisiko tertular Corona.

"Kami mengibaratkan penggunaan face shield tanpa menggunakan masker ibarat orang yang hanya menggunakan payung yang bisa melindungi dari tetesan air dari atas, tapi tidak melindungi dari samping, karena itu tetap gunakan masker sebagai pengaman," ujar Yuri.

Dia pun meminta masyarakat tidak khawatir dengan ketersediaan masker jenis apa pun di pasar.

"Saat ini kita sudah bisa mendapatkan di mana-mana dengan mudah, karena itu gunakan masker menjadi penting," imbuhnya.

(maa/hri)