Menteng Zona Merah, Masyarakat Diimbau Tak Olahraga di Jalan Amir Hamzah Besok

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 13:49 WIB
Jalur khusus sepeda terlihat di kawasan Bundaran HI. Jalur itu dibuat untuk warga yang bersepeda di kawasan yang kembali adakan car free day (CFD) tersebut.
Ilustrasi Kawasan Khusus Pesepeda (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Jalan Amir Hamzah, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, menjadi salah satu dari 32 lokasi kawasan khusus pesepeda (KKP) yang disediakan sebagai lokasi olahraga pengganti car free day (CFD) Sudirman-Thamrin. Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas olahraga di lokasi tersebut esok hari karena Menteng masuk dalam zona merah virus Corona (COVID-19).

"Benar (Menteng masuk Zona Merah). Kami mengimbau warga untuk tidak berolahraga di ruas jalan tersebut karena di sana tidak dilaksanakan Kawasan Khusus Pesepeda," kata Syafrin melalui pesan singkat, Sabtu (11/7/2020).

Syafrin menyampaikan, total hanya ada tujuh kawasan pesepeda di Jakarta Pusat yang masih dijadikan sebagai KKP besok. Ketujuh area itu dapat digunakan masyarakat sebagai lokasi untuk berolahraga.

"Untuk wilayah Jakarta Pusat hanya ada 7 Kawasan Khusus Pesepeda karena Jl Amir Hamzah ditiadakan," ujar Syafrin.

Dia menuturkan kawasan khusus pesepeda di wilayah lain di Jakarta masih tetap ada. Sementara untuk jalan Amir Hamzah sendiri, kata Syafrin, tidak dilakukan penutupan jalan.

"Wilayah lain tetap. Jl Amir Hamzah tidak dilakukan penutupan jalan," tuturnya.

Untuk diketahui, penghapusan Menteng menjadi lokasi CFD sudah dilakukan sejak Minggu (5/7). Begitu juga pada Minggu (12/7) besok, tidak ada area CFD di Menteng.

Karena Menteng menjadi area zona merah, Jalan Amir Hamzah dihapus dari lokasi KKP. Sebagai pengganti, KKP di Menteng diganti di Jl Benyamin Sueb yang berlokasi di Kemayoran.

Sementara itu, terdapat Instruksi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Nomor 28 Tahun 2020 tantang Kawasan Khusus Pesepeda (KKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat pada 2020.

Dalam surat tersebut, terdapat lokasi-lokasi yang akan dijadikan area KKP pada Minggu (12/7), yaitu:

1. Kecamatan Gambir: Jalan Suryopranoto
2. Kecamatan Sawah Besar: Jalan Penjagalan Raya Jembatan Merah
3. Kecamatan Kemayoran: Jalan Benyamin Sueb
4. Kecamatan Senen Jalan Jalan Paseban Raya
5. Kecamatan Tanah Abang: Jalan Tondano
6. Kecamatan Johar Baru: Jalan Percetakan Negara II
7. Kecamatan Cempaka Putih: Jalan Cempaka Putih Raya

(elz/ear)