3 Pilot Ditangkap, Polisi: Kita Dalami Apakah Pakai Sabu Sebelum Penerbangan

Jehan Nurhakim - detikNews
Sabtu, 11 Jul 2020 00:32 WIB
3 Orang Pilot Tertangkap Narkoba
Foto: (Jehan Nurhakim)
Jakarta -

Tiga orang pilot yang ditangkap Polres Jaksel mengaku mengonsumsi sabu untuk meningkatkan konsentrasi. Polisi masih mendalami apakah konsentrasi yang dimaksud itu berkaitan dengan kegiatan penerbangan ketiganya.

"Seperti saya bilang tadi, apakah mereka konsentrasinya itu untuk mereka melaksanakan penerbangan atau setelah penerbangan masih kita dalami," kata Kapolres Metro Jaksel Kombes Budi Sartono kepada wartawan di Polres Jaksel, Jakarta Selatan, Jumat (10/7/2020).

Tetapi pemeriksaan sementara, ketiganya membantah mengonsumsi sabu sebelum penerbangan.

"Tetapi, waktu kita tanya apakah memakai sebelum melakukan penerbangan atau setelah melakukan penerbangan, dia masih mengelak. Bilangnya setelah melakukan penerbangan, tetapi masih kita dalami lagi," paparnya.

Meski begitu, polisi masih akan mendalami terus keterangan ketiga pilot tersebut. Sebab, kata Budi, akan mengkhawatirkan jika ketiganya terbukti menggunakan sabu selama masa penerbangan.

"Tapi yang pasti ini cukup rawan karena yang bersangkutan adalah salah satu pekerjaan yang menyangkut nyawa banyak orang, maka ini sangat berbahaya," tambahnya.

Ketiga pilot tersebut adalah IP, DC dan DS. Ketiganya diciduk polisi di Cipondoh, Kota Tangerang pada Senin (6/7) lalu.

Selain ketiga pilot tersebut, polisi menangkap 1 orang karyawan swasta berinisial S. S ini diduga sebagai pemasok sabu kepada pilot.

"Mereka membawa narkobanya, salah satu tersangka membeli dari S. Dari yang 1 pilot itu menyerahkan ke teman-temannya," katanya.

Dari para pelaku, polisi menyita 4 gram sabu, alat isap sabu dan 0,9 gram sabu sisa pakai. Saat ini polisi masih mendalami kasus tersebut.

"Kami masih mendalami si S ini dapat dari mana," tuturnya.

(mea/mea)