Banjir di Konawe Utara Sultra Meluas, Rendam 6 Desa

Sitti Harlina - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 16:40 WIB
Kondisi banjir di Konawe Utara, Sultra pada 10 Juli 2020
Foto: Kondisi banjir di Konawe Utara, Sultra pada 10 Juli 2020 (Sitti Harlina/detikcom)
Kendari -

Banjir masih terjadi di Kabupaten Konawe Utara. Banjir meluas hingga ke 6 desa, sehingga warga terpaksa mengungsi.

"Kita kerja sama dengan pemda. Kami sudah ungsikan mereka (warga) dan tempat sudah disediakan," kata Kepala Desa Sambandete, Idrus kepada wartawan, Jumat (10/7/2020).

Idrus menaksir kerugian akibat bencana banjir ini mencapai ratusan juta rupiah. Hal itu dikarenakan akses jalan lintas provinsi di Konawe Utara terputus.

"Kalau kerugiaan pastinya belum tahu, hanya diperkirakan ratusan juta karena sudah ada akses jalan lintas provinsi yang terputus," ujarnya.

Curah hujan yang tinggi membuat Konawe Utara sempat terendam banjir hingga dua meter.

Sementara itu, BPBD Konawe Utara menerangkan banjir menggenangi Desa Labungga, Laronangga dan Desa Puuwonua, Kecamatan Andowia, Desa Puuwanggudu dan Alawanggudu, Kecamatan Asera serta Desa Landiwo, Kecamatan Landawe.

Sebelumnya diberitakan akses jalan lintas provinsi yang menghubungkan Sulawesi Tenggara dengan Sulawesi Tengah terputus. Akibat putusnya akses jalan di Desa Sambandete, kendaraan pun tak bisa melintas lantaran ketinggian air mencapai 2 meter. Hal itu pun menimbulkan kendaraan tertahan hingga menimbulkan antrean panjang.

Kondisi banjir di Konawe Utara, Sultra pada 10 Juli 2020Kondisi banjir di Konawe Utara, Sultra pada 10 Juli 2020 (Foto: Sitti Harlina/detikcom)
(aud/aud)