MUI Makassar Minta Warga Tetap Tenang Sikapi Wanita Lempar Al-Qur'an

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 14:50 WIB
Seorang perempuan di Kota Makassar, Sulsel menjadi viral di media sosial karena aksinya melempar dan hendak merobek Al Quran (Gambar dalam video viral).
Ince Ni'matullah (40), wanita di Kota Makassar, saat melempar dan hendak merobek Al-Qur'an. (Tangkapan Layar Video)
Makassar -

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Makassar meminta warga tetap tenang menyikapi aksi Ince Ni'matullah (40), yang melempar dan hendak merobek Al-Qur'an. MUI memastikan kasus wanita melempar Al-Qur'an yang sempat viral sudah ditangani polisi.

"Jadi kami, saya Ketua MUI, karena ditangani oleh polisi, saya sudah telepon agar semua Ketua MUI Sekecamatan Kota Makassar bahwa ini masalah sudah ditangani oleh polisi jadi bagaimana caranya menenangkan masyarakat," ujar Ketua MUI Kota Makassar KH Baharuddin kepada wartawan di Mapolres Pelabuhan Makassar, Jalan Ujung Pandang, Makassar, Jumat (10/7/2020).

Baharuddin meminta warga ataupun ormas Islam tidak melakukan unjuk rasa terkait adanya perempuan yang melempar Al-Qur'an. Sebab, proses hukum sudah berjalan.

"Jadi supaya tidak ada lagi melakukan semacam demo-demo. Jadi kalau kita lihat, ini dia melempar Al-Qur'an, bisa dikatakan penistaan agama," katanya.

"Jadi silakan polisi untuk proses bagaimana, mudah-mudahan tidak ada lagi hal-hal yang bisa mengacaukan keadaan," imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Mas Guntur Laupe menegaskan pelaku yang sudah diamankan dan kini dalam proses penyidikan polisi. Pelaku terancam 5 tahun penjara sesuai Pasal 156 KUHP.

"Insyaallah perkara ini kita proses secara tuntas. Kita akan kenakan Pasal 156 ancaman hukumannya 5 tahun. Ini adalah penistaan agama," Laupe saat jumpa pers.

Selanjutnya
Halaman
1 2