Komjak Masih Analisis Laporan terkait Tuntutan Ringan Penyerang Novel

Yulida Medistiara - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 13:43 WIB
Anggota Komisi Kejaksaan (Komjak) Barita Simanjuntak menyambangi KPK untuk memastikan operasi tangkap tangan yang dilakukan di lingkungan Korps Adhyaksa. Dia menyebut ada seorang jaksa yang tengah menjalani pemeriksaan.
Ketua Komjak Barita Simanjuntak (Foto: detikcom)
Jakarta -

Komisi Kejaksaan (Komjak) menyampaikan perkembangan laporan terkait tuntutan ringan jaksa penuntut umum terhadap pelaku penyerang Novel Baswedan. Komjak mengatakan saat ini masih melakukan analisis dan mengumpulkan data terkait.

"Kalau kegiatan terus kami lakukan khususnya berkaitan dengan pengumpulan data, dokumen-dokumen, verifikasi keterangan dikaitkan dengan ketentuan-ketentuan penanganan perkara, telaah dan analisis laporan dan proses yang sudah ada," kata Ketua Komjak Barita Simanjuntak, saat dihubungi, Jumat (10/7/2020)

Komjak juga tengah menelaah penjelasan dari Novel Baswedan yang sebelumnya telah dimintai keterangan. Termasuk juga menganalisis semua informasi dari media dan laporan masyarakat.

"Pengumpulan serta analisis semua dokumen, bukan hanya yang dari Pak Novel dan kuasa hukum termasuk juga dari media, laporan masyarakat dll, tim kami sudah bekerja untuk efisienkan waktu berjalan," ungkapnya.

Rencananya, Komjak juga akan memanggil tim JPU. Namun, pemanggilan akan dilakukan usai putusan Pengadilan.

"Hanya saja kan putusan pengadilan rencananya tanggal 16 Juli, jadi kami baru bisa meminta penjelasan team JPU yang menangani kasus ini segera setelah putusan sesuai ketentuan kerja komisi dalam Peraturan Presiden No 18 tahun 2011," kata Barita.

"Jadi sepanjang belum kami minta penjelasan tim JPU kami bekerja khususnya melakukan pengumpulan dan analisis data yang relevan termasuk penjelasan dari Pak Novel untuk mengefisienkan waktu," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2