PAN: Sudah Bagus Prabowo Urus Lumbung Pangan

Farih Maulana Sidik - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 09:01 WIB
Ketua DPP PAN Yandri Susanto
Ketua DPP PAN Yandri Susanto (Nur Azizah Rizki/detikcom)
Jakarta -

PAN menilai Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah membuat keputusan bagus karena menunjuk Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sebagai leading sector food estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah (Kalteng). PAN menegaskan bahwa Indonesia harus mandiri dalam aspek ketahanan pangan.

"Komitmen terhadap pertahanan... bukan hanya pertahanan loh, ketahanan pangan juga penting. Jadi dari sisi ketahanan pangan juga kita perlu mandiri. Saya kira sudah bagus Pak Prabowo," kata Waketum PAN Yandri Susanto kepada wartawan, Kamis (9/7/2020).

Yandri mengatakan sosok Prabowo dirasa tepat menangani ketahanan pangan karena selama ini Prabowo dinilai memiliki perhatian khusus di bidang pangan, seperti pertanian. Menurutnya, pekerjaan yang harus dilakukan Prabowo adalah menyinergikan beberapa kementerian/lembaga terkait.

"Tinggal menyinergikan dengan kementerian lembaga lainnya, dengan Kementerian Pertanian bagaimana? Dengan Menteri Perikanan bagaimana? Artinya, Pak Prabowo juga perlu melibatkan kementerian lembaga lain," sebut Yandri.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memberikan mandat kepada Menhan Prabowo Subianto menjadi leading sector food estate atau lumbung pangan di Kalimantan Tengah. Alasannya, ini menyangkut cadangan strategis pangan.

"Leading sector-nya ini nanti, karena menyangkut cadangan strategis pangan kita, akan kita berikan kepada Pak Menhan, yang tentu saja didukung Pak Menteri Pertanian dan Menteri PU. Tentu saja di daerah kita harapkan juga ada dukungan penuh dari gubernur maupun para bupati," ujar Jokowi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, Kamis (9/7).

(fas/zak)