Round-Up

Kisah Jujur Petugas Kebersihan KRL Bogor Kembalikan Setengah Miliar

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Jumat, 10 Jul 2020 06:47 WIB
Mujenih, petugas kebersihan yang mengembalikan uang Rp 500 juta yang ditemukan di KRL Bogor
Foto: Mujenih, petugas kebersihan yang mengembalikan uang Rp 500 juta yang ditemukan di KRL Bogor (dok Antara)
Jakarta -

Mujenih menemukan kantong plastik berisi uang Rp 500 juta saat membersihkan gerbong kereta. Berbekal kejujuran, Mujenih mengembalikan duit setengah miliar itu.

Kisah kejujuran Mujenih itu terungkap setelah viral di media sosial. Pria berusia 30 tahun itu pun bersedia berbagi cerita. Mujenih menuturkan uang itu ditemukannya di Stasiun Bogor pada Senin 6 Juli 2020 sekitar pukul 15.30 WIB.

Saat itu, dia sedang mengepel lantai KRL rute Jakarta-Bogor yang baru saja tiba di Stasiun Bogor. Mujenih merupakan petugas kebersihan OTC Stasiun Bojong Gede.

Tiba-tiba Mujenih melihat ada kantong plastik tertinggal. Uang itu, menurutnya, tertinggal di bangku prioritas KRL rute Jakarta-Bogor ketika pemiliknya turun di stasiun tersebut.

"Iya, betul ceritanya," kata Mujenih, petugas kebersihan OTC Stasiun Bojong Gede, saat dihubungi detikcom lewat telepon, Kamis (9/7/2020).

"Awalnya sih saya ketemu uang itu lagi pas di gerbong 3 dari belakang. Hari Senin di Stasiun Bogor," sambungnya.

Menurut Mujenih, sebelum mengetahui kantong plastik warna hitam yang tertinggal itu berisi uang, tidak ada satu pun penumpang KRL yang lalu lalang menaruh perhatian. Bahkan beberapa di antaranya sempat menendang-nendang bungkusan tersebut lantaran mengira isinya sampah.

"Awalnya saya lagi kerja, terus kata keamanannya ada bungkusan, sampah atau apa ya, saya buka berdua sama dia. Pas lihat, saya langsung kembalikan saja ke PS (passenger service) Stasiun Bogor," kata Mujenih.

Uang yang ditemukan Mujenih di KRL BogorFoto: Uang yang ditemukan Mujenih di KRL Bogor (Mujenih)

Kagetkah Mujenih menemukan uang sebanyak itu dalam kantong plastik?

"Kalau kaget sih, biasa aja. Kalau buat memiliki kayaknya nggak, hak orang," sahutnya.

"Saya sih nggak ada niat buat ngambil bukan hak saya, saya takutlah soalnya masih pengen kerja," sambung Mujenih.

Bersama petugas, uang itu pun dia serahkan ke tempat penemuan barang hilang di Stasiun Bogor.

Dari foto yang diunggah netizen Arip Rahmatuloh di akun Facebook-nya, tampak uang Rp 500 juta itu terdiri dari pecahan Rp 100 ribuan.

Selanjutnya
Halaman
1 2