Banjir Rendam Luwu Sulsel, Warga Terdampak Mulai Dievakuasi

Muhammad Riyas - detikNews
Kamis, 09 Jul 2020 21:53 WIB
Petugas evakuasi korban banjir di Luwu Sulawesi Selatan.
Petugas mengevakuasi korban banjir di Luwu, Sulawesi Selatan. (Muhammad Riyas/detikcom)
Luwu -

Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), sejak pagi hingga sore. Saat ini petugas mengevakuasi warga di lima kecamatan terdampak, yakni Kecamatan Larompong, Larompong Selatan, Bajo, Suli Barat, dan yang terparah adalah Kecamatan Suli.

Ketinggian air bervariasi, mulai 1 meter hingga 2 meter. Sejumlah warga di wilayah tersebut terpaksa dievakuasi menggunakan perahu karet ke tempat yang lebih aman.

"Air merendam permukiman warga. Saya bersama petugas dari BPBD dan Basarnas turut mengevakuasi warga yang terjebak, seperti lansia, balita, dan anak-anak. Sudah banyak yang mengungsi," ucap Wakil Bupati Syukur Bijak saat dimintai konfirmasi, Kamis (9/7/2020).

Syukur Bijak mengimbau seluruh warga tetap berhati-hati, khususnya yang bermukim di sepanjang bantaran sungai. "Cuaca masih ekstrem. Saya minta warga waspada setiap saat dan petugas BPBD juga saya minta berjaga-jaga guna mengantisipasi banjir susulan," jelas Syukur Bijak.

Hingga malam ini, tim BPBD bersama Basarnas, polisi, dan TNI masih mengevakuasi warga. Air masih merendam rumah warga. Sejumlah bantuan juga telah diberikan kepada korban banjir, terutama lansia.

(aik/aik)